payakumbuh

Payakumbuh Carikan Solusi Penumpukan Sampah Akibat TPA Longsor

×

Payakumbuh Carikan Solusi Penumpukan Sampah Akibat TPA Longsor

Sebarkan artikel ini
TPA Regional Payakumbuh longsor sehingga operasional dihentikan. (ant/ist)

PADANG – Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat terus berupaya mencari solusi untuk mengatasi persoalan sampah di daerah itu setelah operasional TPA Regional dihentikan akibat longsor.

“Kami terus mencari solusi terbaik karena ini menyangkut langsung dengan kenyamanan masyarakat. Salah satunya kita berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman dihubungi dari Padang, Rabu (31/1/2024).

Ia mengatakan, saat ini sampah di Payakumbuh untuk sementara masih diangkut ke TPA Air Dingin, Kota Padang dengan jarak tempuh sekitar 120 kilometer dari kota itu. Meski tidak efisien dari segi waktu dan biaya, namun kebijakan itu terpaksa diambil untuk mengatasi sampah yang menumpuk di Payakumbuh.

Baca Juga:  Tumpukan Sampah di Dekat SMKN 1 Tanjung Mutiara Dibersihkan

Hanya saja, kata Jasman, tenggat waktu pengangkutan sampah ke TPA Air Dingin, Padang hanya sampai minggu ketiga Februari 2024.

“Kami memahami alasan Pemkot Padang membatasi waktu karena memikirkan daya tampung TPA Air Dingin agar tidak cepat over kapasitas. Mau tidak mau kita harus cari solusi lain,” ujarnya.