Tak Berkategori  

Payakumbuh Kembali ke Zona Kuning

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal. (foto: antara)

PAYAKUMBUH – Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam penanganan Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir berjalan cukup baik.

Sejak Mei 2021 lalu, kota itu sempat berada di zona oranye dengan nilai terendah. Dengan upaya yang dilakukan untuk segera keluar dari zona berbahaya itu, Pemko melakukan usaha maksimal.

Dari update zona Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Minggu (27/6), Kota Payakumbuh sudah berhasil keluar dari zona oranye dan berada di zona kuning bersama 6 kota lainnya di Sumatera Barat.

“Alhamdulillah! Nilai kita 2,51. Mudah-mudahan masyarakat mau mempertahankan zona kuning ini, kalau bisa menuju zona hijau. Ini tidak lepas dari peran serta masyarakat dan kerja keras Satgas Covid-19. Dan terutama kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol keseahtan dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal, kepada wartawan, Minggu (27/6).

Menurutnya, daerah lainnya yang juga telah berada pada zona kuning itu adalah Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Mentawai dan Kabupaten Solok Selatan. Sedangkan untuk Payakumbuh sendiri, dari semua indikator yang ada, sudah mengalami penurunan. Untuk itu, sangat diharapkannya jangan sampai nanti positif rate kembali naik dan kasus kematian meningkat.

“Tugas tim Satgas untuk terus mengedukasi masyarakat agar selalu disiplin dalam menberapkan protokol kesehatan, sehingga tidak terjadi penambahan kasus baru,” tambahnya.

Dikatakan, saat ini di Payakumbuh angka positif Covid-19 adalah 35 orang. Diperkirakan dalam beberapa hari kedepan angkanya tinggal belasan orang dengan syarat tidak ada penambahan kasus baru.

“Ini menjadi tugas kita bersama bagaimana tidak ada lagi penambahan kasus dengan selalu menerapkan prokes ketat. Payakumbuh tidak berdiam diri, malah kita melakukan screening kepada penduduk dan pegawai pemerintah. Ditambah lagi dengan melakukan swab sejalan dengan operasi yustisi,” katanya.

Selain itu, tambahnya, uapaya untuk kembali ke zona hijau seperti yang ditargetkan oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi pada bulan Agustus mendatang, menjadi motivasi bagi tim Satgas untuk mengajak masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan menjadi kunci untuk mewujudkan kita ke zona hijau. Dua hal yang paling penting adalah vaksin dan masker. Kita menghimbau warga yang berumur di atas 18 tahun untuk ikut vaksin. Semakin banyak yang divaksin, semakin banyak warga yang imun apabila terpapar Covid-19,” pungkasnya. (bule)