Tak Berkategori  

PDAM Sawahlunto Rata-rata Kehilangan Air 39 Persen

Ilustrasi. (*)

SAWAHLUNTO – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sawahlunto rata-rata kehilangan air 39 persen. Pipa yang sudah tua menjadi alasan rentan kebocoran air.

“Memperbaiki jaringan air PDAM, kita mengajukan pendanaan Bank Dunia sebesar Rp25 miliar untuk mengganti pipa yang sudah tua dan rusak,” kata Walikota Deri Asta kepada Singgalang, Kamis (6/2).

Ia mengatakan, jaringan pipa yang akan diganti di kawasan Lembah Segar dan Barangin. Pemerintah Kota Sawahlunto yang akan menggunakan dana Bank Dunia diharuskan menganggarkan dana pendamping di APBD.

Dikemukakan walikota, karena belum ada di APBD maka di APBD Perubahan dianggarkan. Pihak Bank Dunia bersedia mendanai meski belum dianggarkan dana pendamping di APBD.

Lebih jauh dikemukakan Walikota Deri, Pemerintah Kota Sawahlunto sangat berharap proses pendanaan Bank Dunia bisa lebih cepat, karena ini menyangkut kebutuhan dasar warga.

“Kalau pipa jaringan air PDAM sudah diganti, maka diharapkan nantinya, kebocoran 39 persen tidak terjadi lagi. Kebutuhan air warga dapat dipenuhi secara merata,” ujar Deri. (cong)