oleh

PDIP Uji Kelayakan dan Kepatutan 35 Balon Kepala Daerah

PADANG- DPD PDIP Sumbar menguji kalayakan dan kepatutan terhadap 35 bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sumbar, Jumat (15/5) di Hotel Inna Muara, Padang.

Dari 35 balon tersebut, 9 darinya balon gubernur dan wakil gubernur Sumbar dan selebihnya balon dari 13 kabupten kota (bupati dan wakil bupati/ walikota dan wakil walikota) yang ikut pilkada serentak 15 Desember 2015 nanti.

Ketua DPD PDIP Sumbar, Alex Indra Lukman mengatakan, setelah fit and propert test ini, DPD akan merekomendasikan calon yang lulus ke DPP. “Kita menargetnya pertengahan Juni calon kepala daerah telah ditetapkan, sehingga kita memiliki waktu untuk bergerak mengkampanyekan sebelum pendaftaran di KPU dimulai,” ujarnya.

Kata Alex, calon kepala daerah yang dicari adalah bakal calon yang mau menjalankan visi misi PDIP itu sendiri. “PDIP adalah partai pemenang, jadi kita wajib melakukan apa yang menjadi program pemerintah pusat,” katanya.

Pemerintah Jokowi-JK sekarang lebih mengutamakan pembangunan dari daerah. Untuk itu pembangunan Sumbar akan dimulai dari nagari dan kemudian ke kabupaten kota. “Calon yang dicari itu adalah yang bisa melakukan pembangunan dari daerah pinggiran,” katanya.

Untuk dapat mewujudkan itu PDIP harus memenangkan pilkada nanti. Pada pilgub Sumbar PDIP telah berkoalisi dengan Hanura, PKB, dan PBB. Ini adalah koalisi besar. “Namun hitungannya menurut Undang-undang masih kurang 2 kursi,” ujarnya.(defil)

Loading...

Berita Terkait