oleh

Pedagang Pabukoan Mulai Bermunculan di Pariaman

PARIAMAN – Senin kemarin merupakan awal Ramadhan 1440 H. Selama bulan suci ini banyak bermunculan pedagang pabukoan. Mereka menjual berbagai jenis dagangannya, sesuai yang diminati masyarakat setempat.

Di Pariaman, sama seperti bulan suci sebelumnya bahwa jenis makanan berupa cemilan yang paling disukai yaitu “Sala Bulek”. Jenis makanan yang berasal dari tepung beras dan ditambah berbagai jenis daun rempah sebagai pewangi dapat dijumpai di setiap pelosok atau pinggiran jalan.

Apabila, ingin mendapatkannya mesti harus keluar dari rumah mulai pukul 5 sore. Sebab, mendekati waktu berbuka, sala bulek ini sudah habis terjual.

Selain itu, minuman yang laris manis yaitu kelapa muda. Keberadaan pedagang kelapa muda ini mudah di dapat, karena ada di sepanjang jalan. Bahkan, jarak antara pedagang yang satu dengan pedagang yang lain tidak begitu jauh. Masyarakat bebas memilihnya. Harga yang ditawarkan hanya Rp 7 ribu per butir.

Mia, salah seorang pembeli yang ditemui di tempat penjualan pabukoan di sekitaran Kampuang Jawa, Pariaman Tangah, menjelaskan, ia lebih senang membeli jenis makanan dan minuman seperti ini. “Kita bisa memilih yang disukai. Dan juga bisa mengukur kebutuhan,” ucapnya.

Untuk Sala bulek memang sebuah makanan yang mesti ada diatas meja makan. Karena, Sala ini merupakan pembuka makanan sebelum makan nasi. “Kalau sala tidak ada, kurang pas rasanya berbuka”, tuturnya.

Selain itu, Rudi yang ditemui di tempat pedagang kelapa muda mengatakan bahwa kelapa muda sangat bagus di konsumsi di bulan Ramadhan ini. Terlebih suasana panas ini. Banyak manfaat yang di dapat dalam mengkonsumsinya. Dengan syarat tentu ada aturannya. (agus)

News Feed