Tak Berkategori  

Pembajakan Rugikan Negara Rp6 Triliun Per Tahun

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

JAKARTA – Negara dirugikan hingga sekitar Rp6 triliun per tahun akibat pembajakan DVD/CD. Aparat penegak hukum terutama Kepolisian harus bisa mengungkap dalang di balik tindakan pembajakan tersebut.

“Kita dapat angka ini (kerugian negara Rp6 triliun/tahun) dari hilangnya kesempatan negara memperoleh pemasukan dari perpajakan,” kata Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Yaser Palito.

Menurut dia, Indonesia tidak terbantahkan lagi saat ini seakan-akan telah menjadi “surga” bagi aktivitas yang dilakukan para pembajak.

Berdasarkan data Hipmi, secara sektoral pertumbuhan industri kreatif nasional 2014 mencapai 10 persen, dan industri ini diperkirakan dapat masuk dalam tiga besar kontributor untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sementara nilai ekspor produk industri kreatif sepanjang tahun 2013 mencapai 10 miliar dolar AS atau setara dengan Rp119,7 triliun. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 8 persen dibandingkan dengan 2012. (*/lek)