oleh

Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru 2018 Sudah Dimulai

Ilustrasi (infotol.com)
Ilustrasi (infotol.com)

PADANG – Mendukung pelaksanaan pembangunan tol Padang-Pekanbaru, Pemprov Sumbar meminta kabupaten/kota segera lakukan sosialisasi. Lebar jalan tersebut akan bertambah dari 40 meter menjadi 60 m.

Pembangunan fisik dimulai pada 2018, sementara tahapan pembebasan lahan Oktober sudah dimulai. Untuk pembebasan lahan ini, pemerintah  tidak menggunakan APBD. Semuanya melalui dana yang diupayakan pemerintah pusat.

Gubernur Irwan Prayitno usai rapat persiapan pembangunan tol Padang-Pekanbaru, Jumat (8/9) mengatakan, trase jalan belum selesai. Sekarang sedang dikerjakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dari itu nanti akan ada Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT).

” Diperkirakan Oktober sudah selesai, maka dari itu acuan kita bekerja di lapangan dan tahapannya sudah bisa dimulai,”sebut Irwan.

Dalam rencananya, pengerjaan fisik dimulai 2018 dalam tiga tahap. Tahap pertama, Padang-Sicincin, tahap dua Pekanbaru-Bangkinang dan tahap tiga Sicincin-Bangkinang. Pengerjaan itu sesuai dengan ketersediaan anggaran di pemerintah pusat.

Irwan berharap pembangunan hendaknya dimulai dari Padang-Bukittinggi, tidak hanya sampai Sicincin. Alasannya, jika hanya sampai Sicincin tidak membantu persoalan lalulintas Padang-Bukittinggi yang selama ini menjadi masalah bagi Sumbar. Jika tahap satu itu sampai Bukittinggi dan selesai, maka masalah lalulintas di Sumbar otomatis sudah terbantu menjelang selesai tahap Bukittinggi-Bangkinang.

Saat ini Pemprov Sumbar sudah membebaskan lahan sepanjang 27 Km dari Duku-Sicincin. Selain itu, juga sudah dibangun jembatan. Hanya saja luas lahan yang dibebaskan baru 40 meter, untuk itu diperlukan penambahan menjadi 60 meter. (yose)

 

Loading...

Berita Terkait