Tak Berkategori  

Pemerintah Bersedia Angkat Seluruh Eks Honorer K2 Jadi CPNS

 

JAKARTA – Pemerintah bersedia mengangkat seluruh eks tenaga honorer kategori 2 (K2) yang jumlahnya berkisar 440.000 orang, menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dengan sejumlah catatan.

Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Jakarta, Selasa.

Yuddy menyampaikan catatan pertama adalah mengenai biaya yang tidak kecil, yakni mencapai Rp34 triliun pertahun untuk membiayai total 440.000 orang eks tenaga honorer K2 yang akan diangkat, dengan pangkat rata-rata golongan 3A.

Oleh karena itu, kata Yuddy, pemerintah akan membuat roadmap pengangkatan seluruh honorer K2 tersebut menjadi PNS secara bertahap hingga 2019.

Di sisi lain dia menyatakan bahwa DPR dan pemerintah juga harus berhemat di sejumlah pos lain.

Catatan kedua yakni di dalam pengadaan dan rekrutmen honorer K2 menjadi PNS tetap harus mengedepankan ketentuan berlaku dan akan dilakukan proses verifikasi ulang untuk memastikan hanya mereka yang memenuhi syarat dan berhaklah yang diangkat menjadi PNS.

Catatan ketiga, diperlukan desain kebutuhan atas pengangkatan honorer K2 menjadi PNS. Maka itu pengangkatan honorer K2 menjadi PNS tetap bergantung pada pengajuan kebutuhan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

“Dan apabila ada kebutuhan atas payung hukum yang lebih kuat, pemerintah berharap dukungan Komisi II DPR RI. Ini lah yang paling maksimal yang bisa kami lakukan dalam batas koridor konstitusi yang ada,” jelas Yuddy.

Keputusan pemerintah mendapatkan apresiasi dari para anggota Komisi II DPR RI. Meskipun ada sejumlah usulan tambahan dari para anggota dewan, namun secara garis besar mereka setuju dengan keputusan pemerintah. (*/lek)

Sumber:antara