Tak Berkategori  

Pemerintah Berupaya Keras Selamatkan Sandera Abu Sayyaf

JAKARTA – Pemerintah berusaha keras untuk menyelamatkan 10 warga negara Indonesia yang menjadi sandera kelompok garis keras Abu Sayyaf di Filipina, kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (11/4).

“Tentu kita berusaha keras untuk menjaga keselamatan mereka, mudah-mudahan ini bisa cepat selesai,” kata Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta.

Saat ini, Pemerintah Indonesia masih terus berkomunikasi dengan Pemerintah Filipina terkait upaya negosiasi guna membebaskan ke-10 sandera tersebut.

“Ya, saya masih bicara dengan Pemerintah Filipina, mudah-mudahan bisa cepat selesai. Selama belum selesai berarti masih (proses negosiasi),” tambahnya.

Wapres menambahkan Pemerintah tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun untuk memenuhi tuntutan kelompok tersebut. Namun jika pihak perusahaan tempat para sandera bekerja ingin membayar tebusan, maka Pemerintah tidak dapat melarangnya.

“Pemerintab tidak campur tangan soal itu. Kita tidak tahu soal itu,” tukasnya.

Pemerintah masih mengedepankan upaya dialog untuk bernegosiasi dengan kelompok teroris Abu Sayyaf demi mengutamakan faktor kemanusiaan bagi para sandera tersebut. (*/rahmat)