nasional

Pemerintah Buka 14 Bandara, BIM Segera Layani Penerbangan Internasional

×

Pemerintah Buka 14 Bandara, BIM Segera Layani Penerbangan Internasional

Sebarkan artikel ini
Bandara Internasional Minangkabau (BIM).ist

PADANG – Upaya Pemerintah Provinsi Sumbar memperjuangkan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) melayani penerbangan internasional, terujud. Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi membuka 14 bandara untuk penerbangan internasional pasca pandemi Covid-19, termasuk BIM.

“Benar, kita sudah mendapatkan informasi dari Kemko Kemaves. BIM menjadi salah satu bandara yang dibuka untuk penerbangan internasional,”sebut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumbar, Reti Wafda, Jumat (26/8/2022).

Dikatakannya, komitmen membuka penerbangan tersebut disampaikan oleh Kemko Kemaritiman. Sementara teknis memberikan izinnya nanti diberikan oleh Kementrian Perhubungan.

“Dari pertemuan Kemko Marves dengan Kementrian Perhubungan, penerbangan internasional sudah dapat dilakukan pada awal September 2022,”sebutnya.

Baca Juga:  Hujan Deras Guyur Sejumlah Daerah di Indonesia

Bandara tesebut yakni, Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, Kuala Namu Sumut, Bandara Hang Nadim Batam, BIM di Padang, Soetta di Banten, Kertajadi Jawa Barat, Kulon Progo Yogyakarta, Juanda Surabaya, Bandara Ngurah Rai Bali.

Kemudian, Bandara Lombok NTB, Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado dan Bandara Sentani Jayapura.

Alasan hanya 14 Bandara yang mendapatkan izin adalah pertimbangan penanganan pandemi Covid-19. Selain itu tingginya trafik perjalanan ke luar negeri. Ditambah dengan peningkatan kunjungan wisata.