ekonomiHeadlinenasional

Pemindahan Depo Pertamina dari Plumpang ke Newport Priok Pelindo, Andre Rosiade: Pilihan Tepat

×

Pemindahan Depo Pertamina dari Plumpang ke Newport Priok Pelindo, Andre Rosiade: Pilihan Tepat

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, SINGGALANGAnggota Komisi VII DPR RI Andre Rosiade menekankan agar keberadaan Depo Pertamina Plumpang dapat dikaji dan dicarikan solusi terbaik.

Andre mengatakan, sejak Sabtu pekan lalu, dirinya sudah mengusulkan kepada pemerintah dan Pertamina agar (keberadaan) Depo Pertamina ini dikaji kembali.

“Apakah akan tetap di Plumpang atau dipindah. Kami sudah meminta pemerintah dan Pertamina melakukan evaluasi dan kajian soal ini di luar investigasi yang harus dilakukan, solusinya seperti apa. Selain itu juga bagaimana Pertamina bertanggung jawab terhadap korbannya,” kata Andre berbicara dalam Dialektika Demokrasi bertema ‘Tragedi Depo Pertamina Plumpang, Apa Solusinya?’ di Media Center Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga:  Target Inventasi Sumbar 2022 Naik Menjadi Rp5,1 Triliun

Menurutnya, usulan untuk memindahkan Depo Plumpang ke Newport Priok Pelindo, adalah pilihan yang tepat. Sebab, di tanah milik Pelindo tersebut, Pertamina tidak perlu berinvestasi tanah, melainkan hanya tinggal bersinergi dengan Pelindo.

“Cukup melakukan Sinergi BUMN, cukup melakukan penyewaan, di tanah milik Pelindo. Sehingga, Pertamina bisa membangun asetnya membangun depo baru di tanah milik Pelindo tersebut,” ujarnya.

Dengan demikian, Pertamina tidak perlu melakukan investasi tanah dan juga dengan pemindahan, itu otomatis wilayahnya jauh lebih aman dan akan ada buat program yang tidak mungkin dimasuki masyarakat karena dalam lingkup kawasan.