Tak Berkategori  

Pemkab Agam Komitmen Kembangkan Pariwisata

Danau Maninjau (antara foto)
Danau Maninjau (antara foto)

LUBUK BASUNG – Merujuk kepada penegasan yang disampaikan Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan pada seminar nasional tentang kepariwisataan memeriahkan HPN 2018 yang digelar di hotel Grand Inna Padang, Pemerintah Kabupaten Agam punya komitmen tinggi dalam pengembangan pariwisata.

Sekda Kabupaten Agam Martias Wanto mengatakan, Pemkab Agam selama ini sudah melakukan terobosan dalam upaya pengembangan objek wisata.

Agam memiliki laut, danau, gunung dan daratan yyang didukung dengan udara yang sejuk serta alam nan indah. Selama ini pengembangan pariwisata di Agam sudah dilakukan yang didanai melalui APBD dan APBN.

Wisata pantai Tiku yang panjangnnya sekitar 42 kilometer kondisinya kondusif ditinjau dari kebersihan. Begitupun Danau Maninjau di Kecamatan Tanjung Raya yang saat ini 8 Nagari Salingka Danau sudah punya komitmen untuk mengembangkan pariwisata. Diupayakan untuk membangun dermaga kecil untuk memperlancar arus transportasi danau.

Lain halnya dengan objek wisata Ambun Tanai, Puncak Lawang dan Lawang Park. Ambun Tanai sudah dikemas sedemikian rupa, dan pengunung sudah pada berdatangan. Begitu pun Puncak Lawang dan Lawang Park di Kecamatan Matur yang dijadikan lokasi landing olahraga paralayang yang sudah berskala internasional. Danau ajaib Tarusan Kamang terus dipacu pengembangannya. Begitu untuk objek wisata lainnya.

Sampai saat ini seluruh objek wisata tidak ditemukan permasalahan yang berarti yang berdampak terhadap kemajuan pariwisata. Buktinya, sampai saat ini sudah banyak dana yang dikucurkan untuk pengembangan objek wisata.

“Kalau seandainya lokasi objek wisata itu ada masalah terkait lahan sebagaimana disampaikan Menteri Pariwisata dan Menko Kemaritiman tentunya bantuan untuk pengembangan pariwisata tidak bisa dianggarkan,” kata Martias Wanto didampingi Kabag Humas Setdakab Agam, Helton.

Dari semua objek wisata tersebut kita di Agam akan selalu dilakukan pengembangan agar wisatawan dari lokal dan mancanegara akan dantang berkunjung. (maswir)