Tak Berkategori  

Pemulangan 600 WNI Eks ISIS, BNPT: Masih Dibahas dengan Menko Polhukam

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) masih mengkaji rencana pemulangan 600 warga negara Indonesia (WNI) eks teroris anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), yang kini tengah berada di beberapa negara di Timur Tengah.

Direktur Deradikalisasi BNPT Irfan Idris mengatakan, pihaknya masih membahas rencana pemulangan WNI eks ISIS ke Tanah Air. Pembahasan tengah dilakukan bersama Menko Polhukam Mahfud MD serta instansi terkait. “Tanggapan lembaga masih dalam pembahasan,” ujar Irfan kepada okezone, Selasa (4/3).

Sebelumnya diberitakan, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, Pemerintah masih mengkaji kemungkinan memulangkan WNI eks ISIS ke Indonesia.

“Rencana pemulangan mereka itu belum diputuskan Pemerintah, dan masih dikaji secara cermat oleh berbagai instansi terkait di bawah koordinasi Menko Polhukam. Tentu ada banyak hal yang dipertimbangkan, baik dampak positif maupun negatifnya,” terang Fachrul dari keterangan resmi Kemenag.go.id, Senin (3/2

Ia mengatakan, BNPT terus membahas persoalan WNI yang pernah bergabung dengan ISIS dengan kementerian terkait. Pemerintah menekankan pentingnya upaya pembinaan jika eks ISIS ini jika kembali ke Tanah Air.

Kendati demikian, mantan Wakil Panglima TNI itu menilai proses pembinaan mantan anggota ISIS bukan hal mudah, lantaran mereka telah terpapar oleh idealisme yang radikal.

“Kita akan terus upayakan langkah terbaik, dengan menjalin sinergi semua elemen masyarakat. Tidak hanya pemerintah, tapi juga LSM dan ormas keagamaan,” ucapnya. (aci)