oleh

Pendaftar SBMPTN Capai 300 Ribu Peserta

DEPOK – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mencatatkan, sudah sekitar 300 ribu peserta yang mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 hingga Sabtu (15/6). Jumlah tersebut merupakan data sementara pada pagi tadi.

“Sampai pagi tadi, dilihat sudah sekitar 300 ribu-an peserta yang mendaftar SBMPTN,” ujar Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo dalam acara SBMPTN 2019 Info Day di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu (15/6).

Dia menyatakan, angka itu terbilang masih jauh dari jumlah peserta yang mengikuti UTBK yakni sekitar 800 ribu. Dengan demikian, masih sekitar 500 ribu peserta lagi yang belum melakukan pendaftaran SBMPTN.

Budi mengakui, para peserta yang belum mendaftar umumnya masih memilah jurusan dan universitas mana yang akan dituju dengan mempertimbangkan hasil nilai UTBK yang didapat. Kendati demikian, dia mengimbau untuk peserta segera melakukan pendaftaran SBMPTN.

Hal itu diperlukan untuk menghindari terjadinya ‘server down’ pada website pendaftaran SBMPTN, jika para peserta tiba-tiba menumpuk melakukan pendaftaran di hari akhir. Lagi-lagi ini akan merugikan peserta.

Diwartakan okezone, pendaftaran SBMPTN 2019 sudah dimulai sejak tanggal 10 Juni dan akan berakhir pada 24 Juni. Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi SBMPTN yakni http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

“Kalau terakhir daftar ke 24 Juni, nanti pasti gegeran (menumpuk pengguna sehingga bisa membuat down website) karena masuk bersamaan. Apalagi kan dibutuhkan proses unggah portofolio,” kata dia.

Budi pun menekankan, peserta untuk bisa segera mengambil keputusan terkait jurusan dan universitas yang dituju. Tentunya hal ini juga dengan memperhitungkan segala sesuatunya, terkhusus soal hasil nilai UTBK. “Jadi saya minta untuk bisa sangat segera saja mendaftar,” kata dia. (aci)

Loading...

Berita Terkait