Tak Berkategori  

Pendidikan di Politeknik Bakal Dipersingkat Jadi 1 Tahun

Menristek Dikti Mohamad Nasir (net)
Menristek Dikti Mohamad Nasir (net)

JAKARTA – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tengah berupaya mempersingkat jadwal pendidikan di institusi yang menyiapkan sumber daya siap pakai, khususnya pendidikan politeknik.

Selama ini pendidikan di jenjang politeknik tersebut tiga tahun. Hal ini dirasakan sangat menyulitkan peserta didik atau mahasiswa untuk dapat segera terjun dan bersaing dalam dunia industri.

“Rencananya, kami akan membuat masa pendidikan satu tahun dan dibagi menjadi ‘quarterly’ (tiga bagian). Untuk teori di bagian pertama, sementara sisanya adalah praktikum. Ini penting agar para mahasiswa mengetahui dunia kerja dan siap bersaing,” ujar Menristek Dikti Mohamad Nasir.

Metode ini pun untuk menjawab tantangan dunia kerja yang membutuhkan orang-orang siap pakai, selain mengetahui suatu masalah secara mendalam. “Sekaligus menjawab tantangan dunia industri yang mengharapkan sumber daya manusia yang andal,” katanya.

Menurut Menteri Nasir, hal yang penting untuk Indonesia saat ini adalah bidang rekayasa, terutama rekayasa pendidikan pertanian dan peternakan sebab hal ini adalah keunggulan komparatif yang dimiliki Indonesia.

“Program pemerintah itu ‘kan swasembada pangan. Jadi pendidikan pun harus diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” ujarnya. (*/aci)

sumber:antara