oleh

Pengerjaan Embung Lurah Rawang Capai 40 Persen

PAYAKUMBUH – Untuk kebutuhan air bersih, Pemko Payakumbuh terus berusaha. Salah satunya dengan pembagunan embung. Terbaru sebagai upaya untuk menambah pasokan sumber air bersih itu, Pemko Payakumbuh membangun Embung Lurah Rawang di Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Pembangunan Embung Lurah Rawang tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar Rp6,5 miliar.

“Ya, ini pembangunan embung ini lanjutan dari tahun sebelumnya. Sejauh ini masih berjalan dengan lancar dan telah mencapai 40 persen dari pekerjaan. Dengan adanya pembangunan Embung Lurah Rawang ini, berarti sudah ada tiga sumber air baku di wilayah Kota Payakumbuh, setelah Embung Bulakan dan WTP Batang Agam. Insya Allah akhir tahun ini pembangunan embung ini bisa dirampungkan,” ujar Kepala Dinas PUPR Muslim, kepada Singgalang, Senin (26/8).

Menurut Muslim, dengan bertambahnya sumber air di Payakumbuh akan meningkatkan kapasitas penyediaan air minum yang dikelola PDAM. “Semakin melonjaknya jumlah pelanggan PDAM bisa diantisipasi dengan sumber air baru ini di samping sumber air yang sudah ada,” tambahnya.

Untuk diketahui, dengan adanya sumber air bersih yang banyak itu Kota Payakumbuh bakal lebih mandiri lagi dalam memenuhi kebutuhan pasokan air bersih. Dimana selama ini Payakumbuh juga mengandalkan sumber air dari Kabupaten Limapuluh Kota yakni Batang Tabik dan Situjuah. “Selain untuk sumber air baku, pembangunan Embung Lurah Rawang juga bermanfaat untuk irigasi dan tempat rekreasi,” kata Muslim. (bule)

Loading...

Berita Terkait