Sumbar

Penilaian Kompetensi, 10 Camat Terbaik di Sumbar Diuji

×

Penilaian Kompetensi, 10 Camat Terbaik di Sumbar Diuji

Sebarkan artikel ini
Tim penilai melakukan tanya jawab dengen salah satu camat peserta.Ist

PADANG – Pemprov Sumatera Barat melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumbar, menggelar Penilaian Kompetensi Camat Tingkat Provinsi 2022. Penilaian itu guna memberikan motivasi dan apresiasi bagi camat di Sumbar.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo menyampaikan penilaian kompetensi camat dilaksanakan gunamenilai kapasitas, kapabilitas dan kompetensi camat.

Diharapkan melalui penilaian ini dapat memotivasi seluruh camat untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam menjalankan roda pemerintahan. Disamping itu, pemerintah kabupaten/kota juga bisa melihat titik-titk lemah yang perlu dibenahi dan dioptimalkan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Kita harapkan nanti akan berdampak pada kinerja camat dalam menjalankan roda pemerintahan, mereka dituntut untuk mampu berinovasi,”sebutnya, Jumat (2/9/2022).

Penilaiannya dilakukan dua tahap, tahap pertama camat utusan kabupaten/kota se-Sumbar mempresentasikan kinerja dan inovasinya dalam melaksanakan tugasnya dihadapan tim penilai. Penilaian ini dilaksanakan selama 2 hari, 30-31 Agustus 2022, di Kantor Gubernur Sumbar. Mereka adalah hasil penilaian camat terbaik dari masing-masing Kabupaten kota.

Peserta diikuti 10 camat terbaik se-Sumbar. Yakni, Camat Ranah Ampek Hulu Tapan utusan Kab. Pesisir Selatan, Camat Salimpaung utusan Kab. Tanah Datar, Camat Ulakan Tapakih utusan Kab. Padang Pariaman, Camat IV Koto utusan Agam, Camat Situjuah Limo Nagari utusan Kab. Lima Puluh Kota.

Kemudian, Camat Lubuk Sikaping utusan Kab. Pasaman, Camat Sangir Balai Janggo utusan Kab. Solok Selatan, Camat Lubuk Begalung utusan Kota Padang, Camat Talawi utusan Kota Sawahlunto dan Camat Pariaman Utara utusan dari Kota Pariaman.

Tim penilai terdiri, Andri Yulika (Asisten Administrasi Umum Setdaprov. Sumbar), mantan Sekdaprov Sumbar, Alwis dan mantan Inspektur Sumbar, Mardi.

Penilaian kali ini juga memperhatikan aspek kemampuan manajerial, kemampuan tekhnis dan sosiokultural dari masing masing peserta. Dari hasil pelaksanaan penilaian tahap I, akan ditetapkan 6 nominasi terbaik.