Tak Berkategori  

Penumpang Bus AKDP di Sawahlunto Tidak Mengalami Lonjakan

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

SAWAHLUNTO – Jumlah penumpang bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dari dan menuju Kota Sawahlunto, tidak mengalami lonjakan selama lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah dibandingkan hari biasanya.

Salah seorang pengelola bus AKDP jurusan Sawahlunto-Padang, Tatang mengatakan pihaknya mengerahkan sebanyak 15 armada bus selama lebaran tahun ini.

“Jumlah armada itu sama dengan hari-hari biasa di luar lebaran,” kata dia.

Menurutnya, untuk lebaran tahun ini justru terjadi kecenderungan penurunan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan tahun 2014 pada periode yang sama. Penurunan tersebut sudah mulai terasa saat sepuluh hari menjelang lebaran.

Dia menduga, hal itu disebabkan oleh banyaknya pemudik lokal yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadinya untuk pulang ke kampung halaman.

“Sementara aktivitas warga kota ini menuju sejumlah kota-kota tujuan juga berkurang,” ujarnya.

Kalaupun ada, penumpang yang naik dari terminal kota itu justru didominasi oleh masyarakat yang bepergian dengan jarak dekat.

Sebagian dari penumpang memilih untuk menggunakan jasa angkutan bus AKDP menuju kawasan yang dilalui, seperti Muaro Kalaban, Silungkang dan Sungai Lasi.

“Sementara untuk tujuan Kota Padang jumlahnya bisa dihitung dengan sebelah jari,” ujar dia.

Berdasarkan kondisi tersebut, pihaknya belum akan menurunkan armada tambahan untuk melayani rute-rute yang ada.

Di samping itu, pembagian jam keberangkatan juga disesuaikan dengan kondisi penumpang yang bisa dikatakan sepi selama lebaran.(*/aci)

sumber:antara