Tak Berkategori  

Penyelundupan Sabu ke Rutan Digagalkan

Petugas memperlihatkan barang bukti berupa sabu yang disita dari pengunjung Rutan Kelas IIB Padang. (arief pratama)

PADANG – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang menggagalkan upaya penyelundupan narkotika golongan I jenis sabu ke dalam Rutan tersebut, Kamis (9/6) sekitar pukul 12.35 WIB.

Terungkapnya hal tersebut setelah petugas curiga dengan gerak-gerik keluarga narapidana (Napi) yang hendak mengantarkan makananan. Setelah diperiksa, ternyata di dalam makanan tersebut terdapat bungkus obat yang di dalamnya berisi 4 paket sedang sabu.
Perihal temuan tersebut, dibenarkan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Anak Air Muhammad Mehdi. “Benar jajaran petugas Rutan Kelas IIB Padang menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu Kamis (9/6) siang sekitar pukul 12.35 WIB,” ujar Mehdi.

Temuan tersebut bermula ketika seorang pengunjung berinisial RB (21) datang ke Rutan untuk menitipkan makanan ke salah seorang narapidana.

Seperti biasanya ungkap Mehdi, setiap ada pengunjung yang akan membawa atau menitipkan barang untuk Napi yang ada di dalam Rutan, petugas jaga akan selalu melakukan pemeriksaan.

“Sebelum dibawa masuk, makanan itu terlebih dulu diperiksa oleh petugas Rutan. Saat itu, petugas curiga dengan gerak-gerik RB. Saat titipan makanan itu kita periksa, ternyata di dalamnya terdapat bungkusan obat berisi narkoba yang diselipkan di dalam makanan tersebut,” terangnya.

Diungkapkan oleh Karutan, RB yang merupakan warga Kuranji, Kota Padang ini menitipkan makanan tersebut untuk keluarganya berinisial AC yang merupakan Napi kasus narkoba.

“Sebanyak 4 paket sedang sabu diamankan petugas di dalam bungkus makanan tersebut. Setelah kita temukan narkoba di makanan tersebut, pengunjung tersebut langsung kita amankan untuk kita serahkan ke Polresta Padang,” jelasnya.

Terpisah Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumbar R Andika Dwi Praseya, mengatakan selaku Kakanwil Kemenkumham yang membawahi seluruh penjara di Sumbar baik itu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ataupun Rutan, mengapresiasi ketelitian yang telah dilakukan oleh petugas Rutan.

“Saya mengapresiasi ketelitian serta kewaspadaan petugas sehingga penyelundupan narkoba kali ini bisa digagalkan,” katanya.

Hanya saja ia tetap mengingatkan kepada seluruh jajaran agar tidak lengah karena orang-orang jahat selalu menunggu untuk mengambil kesempatan.

“Sejak hadir di Sumbar saya sudah instruksikan agar seluruh jajaran siap untuk perang melawan kejahatan narkoba,” tegas mantan Kakanwil Banten itu.

Ia mengatakan usai kejadian di Rutan Padang, pihak Kemenkumham Sumbar tetap akan mendalami lebih lanjut apakah ada indikasi keterlibatan warga binaan lain atau pegawai dalam kasus tersebut.

“Jika terbukti pasti akan ditindak tegas dan dijatuhi sanksi berat, sesuai petunjuk dan arahan Menkumham RI Bapak Yasona Laoly,” jelasnya. (406)