padang

Perbaikan bisa 1 Bulan, Pasokan Air Sekitar 20 Ribu Pelanggan PDAM Padang Terganggu

×

Perbaikan bisa 1 Bulan, Pasokan Air Sekitar 20 Ribu Pelanggan PDAM Padang Terganggu

Sebarkan artikel ini
Kondisi pipa Perumda AM Kota Padang yang rusak akibat banjir.Ist

PADANG – Sekitar 20 ribu pelanggan Perumda Air Minum Kota Padang (dulu PDAM) terdampak kekurangan pasokan air. Pasokan Perumda Air Minum Kota Padang terputus karena ada pipa intake yang patah akibat banjir.

Gangguan tersebut akibat rusaknya dua jalur suplay air dari intake Perumda AM Kota Padang. Perumda AM Kota Padang memperkirakan perbaikan untuk salut jalur pipa saja memakan waktu sekitar 1 bulan lebih.

“Dua jalur pipa induk kita dari intake ke instalasi pengolahan air (IPA) patah karena banjir,”sebut Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal, Selasa (1/11/2022).

Patahnya dua jalur pipa tersebut terjadi pada 27 Oktober 2022 pipa transmisi air baku jalur 2 Intake Palukahan, yaitu pipa DN 400 GI, akibat derasnya arus air sungai Batang Aie Dingin.

Baca Juga:  Seorang Nelayan di Padang Ditemukan Meninggal Dunia

Kondisi itu diperparah posisi kebocoran pipa tersebut berada ditengah sungai dengan kedalaman yang bervariasi antara 2,5 s/d 4 m dengan jumlah kurang lebih sebanyak 13 batang
pipa.

Kemudian, pada tanggal 30 Oktober 2022, tepatnya pada hari Minggu, terjadi juga
kerusakan pipa transmisi air baku jalur 1 intake Palukahan yaitu pipa DN 400
GI, sehingga mengakibatkan sebanyak 20 batang pipa jatuh yang membuat pasokan air pada jalur pipa tersebut menjadi terputus.

Kedua jalur pipa tersebut berada di tengah hutan dengan kondisi dan lokasi yang ekstrim menyeberangi sungai Batang Aie Dingin dan tebing yang terjal. Rusaknya kedua pipa transmisi air baku ini, mengakibatkan terganggunya suplai air baku ke IPA Taban dan IPA Palukahan.