oleh

Perbaikan Menyeluruh Pembangkit PLTU Sijantang Rampung Desember

SAWAHLUNTO – Perbaikan menyeluruh pembangkit PLTU Ombilin Sijantang akan rampung pada Desember 2019. Sementara itu, tumpukan abu yang ada di Komplek Pembangkit yang jumlahnya mencapai puluhan ribu ton, saat ini sudah dibuang oleh PT.Guguak Tinggi Coal dengan izin resmi dari kementerian terkait di Jakarta.

Manejer PLN UPK Ombilin Daryanto kepada Singgalang, Senin (21/10) mengatakan, tidak ada keinginan untuk menyiksa masyarakat dengan abu yang ada di bawah cerobong asap PLTU PLN UPK Ombilin Sijantangan Kecamatan Talawi. Ia mengaku, pihaknya selalu berupaya memperbaiki setiap kerusakan yang tarjadi dengan tidak kenal waktu siang maupun malam.

“Saya berharap masyarakat mengerti kesulitan yang dihadapi PLTU Ombilin,” pintanya.

Dijelaskan Daryanto, PLTU Ombilin Sijantang yang berkapasitas 2 x 100 MG itu usianya sudah 23 tahun, jadi wajar saja kalau mengalami kerusakan. Baru-baru ini kerusakan terjadi pada dust collector (alamat penangkap abu), namun Jumat (18/10), hal itu sudah dapat diatasi.

Perbaikan tidak bisa cepat dilakukan mengingat di Sumatera Barat masih mengalami devisit listrik, Apabila PLTU Ombilin dimatikan secara total, maka pemadaman tidak dapat dihindarkan. Dampaknya akan sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat karena PLTU Ombilin merupakan penyangga interkoneksi Sumatera. Keberadaanya sangat besar dan vital, tegas Daryanto.

Kondisi saat ini, kata Daryanto didampingi humasnya Ahmadi, kebocoran pada cerobong tangkapan abu sifatnya hanya temporer, bukan permanen seperti biasanya. Karena itu, ia dan jajarannya terus bekerja keras untuk menyempurnakan supaya abu yang beterbangan tidak pergi ke rumah penduduk.

Terkait dampak abu pembuangan terhadap kesehatan masyarakat, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 500 orang. Hal itu sebagai tanggung jawab terhadap masyarakat melalu dana CSR serta bantuan sosial lainya.

Sementara itu, Kepala BLH Pertanahan dan Pemukiman Penduduk Adrius Putra Sawahlunto kepada Singgalang membenarkan upaya yang dilakukan pihak PLTU Ombilin Sijantang tersebut. Sebagai OPD yang ikut bertanggung jawab menyangkut lingkungan hidup, ia selalu melakukan koordinasi menyangkut penanganan abu termasuk pembuangan abu yang telah mempunyai izin resmi dari Kementerian terkait di Jakarta. (subandi)

Loading...

Berita Terkait