Tak Berkategori  

Perbaiki Gaya Hidup, Waspadai Katarak

Periksa mata. (*)
Periksa mata. (*)
Periksa mata. (*)

PADANG – Guna menghindari gangguan katarak, masyarakat diharapkan untuk selalu waspada. Ada beberapa faktor yang harus dihindari, jika sudah parah sebaiknya diobati dengan operasi.

Kondisi itu disampaikan dokter spesialis mata Semen Padang Hospital (SPH), dr. Weni Helvinda, Sp. M (K) kemarin. Dikatakannya, dalam kondisi gaya hidup sekarang ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan katarak muncul.

“Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan  mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan,” terangnya.

Dikatakannya, katarak adalah kondisi lensa mata yang terdapat bercak putih seperti awan serta membuat pandangan mata menjadi terganggu. Katarak dapat mempengaruhi jarak pandang mata dan mata silau. Katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi atau rasa nyeri.

Saat katarak mulai tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Cahaya yang terang dan kacamata dapat membantu  penglihatan mata. Namun  pada akhirnya pandangan mata akan kabur dan mengalami distorsi.

Gejala katarak ini disebabkan  karena ada kelainan kromosom dari orang tua yang menyebabkan katarak kecil yang berkembang menjadi lebih luas. Berbeda dengan Katarak pada usia lanjut, Katarak ini akan  menyebabkan orang yang lebih tua tidak bisa melihat dengan jelas.

Beberapa cara menjaga kesehatan mata yang disampaikan oleh dokter Weni agar mata tidak terkena katarak adalah dengan sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Jenis makanan yang disarankan adalah seperti jeruk, wortel, pepaya, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Kemudian menjaga pola dan gaya hidup yang baik seperti tidak mengkonsumsi alkohol maupun rokok. Bahkan asap rokok yang pekat juga bisa mengganggu mata sehingga Anda bisa menjauhkan diri dari asap rokok agar tidak terkena katarak.

“Di SPH kita juga telah menyediakan peralatan medis yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi katarak,” ujarnya.(yose)