Tak Berkategori  

Perekonomian Jambi Tumbuh di Atas Lima Persen

JAMBI- Badan Pusat Statistik (BPS) Jambi mencatat angka pertumbuhan perekonomian di provinsi setempat dari semeter I hingga II tahun 2015, mengalami pertumbuhan di atas lima persen.

Kepala BPS Jambi, Yos Rusiansyah, di Jambi, Rabu (5/8) mengatakan pertumbuhan perekonomian pada semeter I tahun 2015 sebesar 5,6 persen sedangkan semeter II tahun ini 5,2 persen.

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 14,5 persen, ekspor barang dan jasa hanya 14,4 persen dari sisi pengeluaran.

Sementara itu perekonomian Jambi yang diukur berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II-2015 mencapai Rp40,3 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 tercatat Rp31,6 triliun.

Sedangkan ekonomi Jambi pada triwulan II-2015 terhadap triwulan sebelumnya meningkat sebesar 1,5 persen dan dari sisi produksi pertumbuhan ini disebabkan oleh lapangan usaha Informasi dan Komunikasi yang tumbuh sebesar 5,2 persen.

Kemudian diikuti oleh lapangan usaha konstruksi dengan pertumbuhan 3,2 persen. Dari sisi pengeluaran komponen pengeluaran konsumsi pemerintah tumbuh tingi sebesar 39,6 persen karena pergerakan pelaksanaan tugas pemerintahan.

Sedangkan struktur ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan II-2015 didominasi lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB, yakni sebesar 27,8 persen. (*/lek)

Sumber:antara