Perguruan Silat Sambut Tamu Mancanegara dengan Bendi

Iring-iringan bendi yang mengangkut tamu mancanegara, saat memasuki kawasan padepokan Perguruan Silat Taduang Bangkeh di Ladang Laweh, Nagari Batipuah Baruah.(Musriadi Musanif)

BATUSANGKAR —Inilah model baru menyambut tamu mancanegara. Perguruan Silat Taduang Bangkeh, menyambut tamunya dengan bendi di Kampung Tanjuang, perbatasan Kecamatan X Koto, Padang Panjang Timur, dan Kecamatan Batipuah.

Di pertigaan itu, dua unit bendi sudah dipersiapkan. Sejumlah tamu mancanegaranya, dari Belanda dan Amerika Serikat, disambut dengan atraksi silat dan tari gelombang. Usai itu, kelimanya berjalan kaki ke komplek SMP Negeri 4 X Koto, guna beramah tamah dengan jajaran sekolah itu.

Kebetulan, murid terbanyak Perguruan Silat Taduang Bangkeh yang berbasis di Jorong Ladang Laweh, Nagari Batipuah Baruah, Kecamatan Batipuah itu berasal dari SMP tersebut. Para tamu mancanegara yang difasilitasi Yayasan Sumatera Volunteer itu pun disambut meriah.

“Para siswa memanfaatkan kehadiran mereka untuk praktek berbahasa Inggris. Mereka cukup antusias belajar sambil bermain, guna mendalami kemampuan dan memotivasi para murid kita belajar Bahasa Inggris. Lantaran sering diundang ke Malaysia, Taduang Bangkeh akan upayakan para murid selain belajar silat juga bisa berbahasa Inggris,” kata Pimpinan Perguruan Silat Taduang Bangkeh Mustafa Akmal Dt. Sidi Ali, di sela-sela penyambutan tamunya itu, Sabtu (27/10).

Terlihat hadir pada kesempatan itu, Presiden Silek Minangkabau David Suhu, kepala sekolah dan majlis guru SMPN 4 X Koto, dan Walijorong Ladang Laweh Arif Rahman, serta sejumlah pencinta silat tradisional di daerah berjuluk Luhak Nan Tuo itu. (mus)

Loading...