Tak Berkategori  

Pertanian dan SDA Rasakan Dampak Perubahan Iklim

Sosialisasi perubahan iklim dan langkah tindak lanjut Pasca COP-21 Paris di Hotel Mercure, Padang, Kamis (23/6). (rahmat zikri)
Sosialisasi perubahan iklim dan langkah tindak lanjut Pasca COP-21 Paris di Hotel Mercure, Padang, Kamis (23/6). (rahmat zikri)

PADANG – Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Agus Justianto mengatakan, dampak perubahan iklim akan terasa terutama di bidang pertanian, kehutanan, sumber daya air, spesies dan habitat, pesisir pulau kecil dan kesehatan.

“Bidang pertanian akan merasakan berkurangnya luas areal pertanian dan beekurangnya produktifitas lahan. Sementara di bidang kehutanan  akan merasakan perubahan tata guna hutan dan konversi hutan berkurang dan turun,” katanya saat sosialisasi perubahan iklim dan langkah tindak lanjut Pasca COP-21 Paris di Hotel Mercure, Padang, Kamis (23/6).

Tak hanya itu ia juga mengatakan di masa depan kualitas air akan berkurang dan turun sehingga  akan berdampak pada kerusakan habitat kepunahan spesies.

Sebagian Pesisir dan pulau kecil juga akan merasakannya dampaknya hingga bisa tenggelam.

“Di bidang kesehatan juga akan merasakan dampaknya berupa meningkat dan mewabahnya penyakit berbasis lingkungan seperti demam berdarah serta malaria, ” ujar agus.(rahmat)