Tak Berkategori  

Perubahan Cuaca Tak Ganggu Pelayaran Kapal ke Mentawai

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Padang, tidak mempengaruhi aktivitas pelayaran menuju Kepulauan Mentawai.

“Kapal pesiar tetap jalan walaupun ombak besar atau cuaca yang tidak baik, sampai benar-benar cuaca ekstrem baru kami tidak melakukan pelayaran,” kata Ketua Buruh Angkat Pesiar Irwan Ali.

Begitupun dengan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Muara tetap berjalan lancar meski keadaan cuaca yang tidak menentu.

Selain itu, jika pada saat kapal telah berlayar dan dihadang cuaca ekstrem pelayar biasanya akan membuang jangkar supaya tidak oleng.

“Kalau cuacanya memang sudah tidak memungkinkan kita biasanya membuang jangkar di belakang pulau,” jelasnya.

Menurut dia, kalau kapal pesiar dan bongkar muat tidak melakukan aktivitas dalam sehari, maka mereka bisa diklaim dan merugi, untuk itu mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

“Nanti kami bisa diklaim sama penumpang kalau tidak berlayar,” katanya.

Sementara pihak BMKG Teluk bayur mengatakan ombak perairan Padang-Mentawai saat ini rata-rata 0,5 meter sampai 1,5 meter.

“Untuk perkiraan saat ini tinggi gelombang masih dalam tahap aman untuk pelayaran,” kata Forecaster BMKG Teluk Bayur Carles.(*/aci)

sumber:antara