Tak Berkategori  

Peserta Disabilitas Ujian SBMPTN di Ruang Khusus

PADANG – Panitia pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 akan menyiapkan fasilitas bagi peserta disabilitas yang ikut dalam ujian pada Juni 2015 mendatang. Fasilitas khusus peserta disabilitas yang disediakan tersebut berupa pendamping dan ruangan ujian khusus.

“Untuk dalam ujian mendatang, peserta disabilitas akan mendapat kemudahan dalam menjawab soal dengan adanya bantuan pendamping khusus. Pendamping khusus ini terdiri atas dua orang, yakni bertugas untuk membacakan soal kemudian menulis jawaban. Kedua sebagai saksi dalam melihat hasil jawaban yang ditulis oleh pendamping lainnya,” kata Sekretaris Panitia Pusat SBMPTN 2015 Werry Darta Taifur, di Padang, Kamis (14/5).

Untuk peserta tunanetra, misalnya, pendamping akan membacakan soal ujian kemudian peserta memilih untuk menjawab B, maka pengawas menuliskan jawaban yang sama. Selanjutnya pengawas yang menjadi saksi melihat dan membenarkan kepada peserta atas jawabannya, kata Werry.

Semua pendamping akan disumpah terlebih dahulu sebelum melaksanakan tugas. Dengan ruangan khusus, pendamping khusus tentunya akan ada pengawasan khusus dari panitia dalam ujian mendatang, ujarnya. (*/lek)

sumber: antara