oleh

Pesisir Selatan Gencarkan Tanam Padi Serentak

Ilustrasi. (okezone)

PAINAN – Pola tanam padi serentak di Kabupaten Pesisir Selatan terus digecarkan oleh Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. Hal itu disebutkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Jumsu Trisno di Painan baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, kini rata-rata musim tanam di Pesisir Selatan dua kali dalam satu tahun pada lahan seluas 30.344 hektare. Selanjutnya, agar lahan yang ditanami terbebas dari hama, maka petugas pertanian lapangan memandu para petani untuk melaksanakan pola tanam padi serentak.

“Pola tanam padi serentak banyak manfaatnya. Selain untuk mengurangi serangan hama juga dapat meringankan biaya produksi,” ungkapnya lagi.

Petani di daerah juga didorong meningkatkan produktivitas pertanian. Langkah itu bukan hanya dilakukan melalui peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) petani, tapi juga melalui berbagai program, salah satunya bantuan alat mesin pertanian (Alsintan).

Menurut Jumsu, tahun 2018 ini produksi padi ditargetkan meningkat dari tahun lalu, terutama pada lahan yang memiliki jaringan irigasi yang airnya terjamin. Tentunya, melalui penyedian bibit unggul serta melalui penerapan teknologi pertanian. (son)

 

Loading...

Berita Terkait