Piala Dunia 2022; Prancis Menang 4-1 atas Australia, Polandia Main Imbang 0-0 Lawan Meksiko

JAKARTA – Prancis memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 4-1 atas Australia dalam pertandingan Grup D perdana mereka di Al Janoub Stadium, Rabu (23/11) dini hari WIB.

Olivier Giroud memborong dua gol untuk Prancis, dan dua lainnya dicetak oleh Adrien Rabiot dan Kylian Mbappe. Setelah sebelumnya Australia sempat unggul lebih dahulu lewat gol Craig Darwin.

Kemenangan itu membuat juara bertahan memimpin Grup D Piala Dunia 2022 dengan tiga poin. Tunisia dan Denmark berada di bawahnya setelah mereka bermain imbang tanpa gol dan Australia menjadi juru kunci.

Australia langsung mengejutkan Prancis dengan gol cepat pada menit ke-9. Goodwin bisa menjebol gawang Hugo Lloris setelah memanfaatkan umpan Mathew Leckie dari sisi kanan.

Empat menit kemudian, Prancis terpaksa melakukan pergantian cepat setelah Lucas Hernandez mengalami cedera dan harus digantikan saudaranya, Theo Hernandez.

Prancis bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-27. Umpan lambung Theo Hernandez mengecoh barisan bek Australia. Bola disambar Rabiot tanpa gangguan.

Les Blues bisa berbalik memimpin 2-1. Kali ini Rabiot menjadi arsitek gol kedua setelah umpan tariknya diselesaikan Olivier Giroud di depan gawang pada menit ke-32.

Berbalik unggul membuat Prancis mengontrol jalannya pertandingan, tetapi tidak ada gol tambahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua, dominasi Prancis berlanjut. Pasukan Didier Deschamps kini bisa membuat Australia kesulitan membangun serangan hingga separuh babak kedua.

Prancis akhirnya bisa menambah keunggulan pada menit ke-68. Kali ini giliran Kylian Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor.

Lewat serangan dari sisi kanan, Ousmane Dembele melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Mbappe, yang berada di depan gawang, bisa memenangi duel udara dan menanduk masuk bola ke gawang Australia. Skor menjadi 3-1.

Keunggulan Prancis bertambah tiga menit berselang. Giroud mencetak gol keduanya pada menit ke-71.

Kylian Mbappe melakukan tusukan di sisi kiri Australia sebelum mengirimkan umpan ke tengah yang bisa disundul Giroud. Prancis memimpin 4-1.

Unggul tiga gol, Prancis menurunkan tempo serangan mereka dan memasukkan beberapa pemain pengganti. Tidak ada tambahan gol hingga pertandingan selesai, Prancis mengamankan kemenangan 4-1 atas Australia.

Susunan Pemain:
Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard (89′ Jules Kounde), Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, Lucas Hernandez (13′ Theo Hernandez); Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni (77′ Youssouf Fofana); Ousmane Dembele (77′ Kingsley Coman), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (89′ Marcus Thuram).

Australia (4-1-4-1): Mathew Ryan; Nathaniel Atkinson (85′ Milos Degenek), Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Aaron Mooy; Craig Goodwin (74′ Garang Kuol), Riley McGree (73′ Awer Mabil), Jackson Irvine (85′ Keanu Baccus), Matthew Leckie; Mitchell Duke (56′ Jason Cummings).

Polandia 0-0 Lawan Meksiko

Sementara itu, laga Polandia kontra Meksiko berakhir dengan skor imbang 0-0 dalam laga Grup C Piala Dunia di 974 Stadium, Doha yang berakhir pada Rabu (23/11) dini hari WIB. Polandia bisa saja unggul satu gol, andai saja tendangan penalti Robert Lewandowski pada menit ke-58 tidak mampu ditepis kiper Meksiko Guillermo Ochoa.

Meksiko tampil lebih agresif dengan 60 persen penguasaan bola, tetapi hanya melesakkan tiga tembakan tepat sasaran selama 90 menit. Hasil itu membuat kedua tim mengumpulkan satu poin di laga perdana Grup C mereka, Meksiko dan Polandia berurutan ada di posisi 2 dan 3.

Polandia menurunkan duet Robert Lewandowski dan Piotr Zielinski di lini serang. Sementara, Meksiko memainkan Hirving Lozano, Henry Martin, dan Alexis Vega di depan. Meksiko menciptakan peluang pada menit ke-5 ketika Vega punya kans untuk mencetak gol saat dia menyambut umpan silang Lozano. Namun, bola sepakannya masih melayang.

Pada menit ke-26 Vega mendapat umpan lambung dari Hector Herrera dan masuk dari sisi kanan kotak penalti Polandia, tetapi tembakan Vega bisa dihadang Wojciech Szczesny. Lewandowski nyaris sulit mendapatkan suplai bola dari rekan setimnya di babak pertama. Meksiko lebih sering menguasai bola, tetapi penyelesaian mereka kurang baik. Sampai turun minum, skor 0-0 bertahan.

Selepas jeda, Meksiko langsung bermain agresif di babak kedua dan memaksa Polandia bertahan. Lozano kembali menjadi pemain yang memberikan ancaman bagi Polandia. Lozano punya peluang pada menit ke-52 ketika dia melewati dua pemain Polandia dan masuk ke kotak penalti, sebelum menembak ke gawang yang bisa ditepis Szczesny.

Polandia mempunyai peluang emas pada menit ke-58 setelah mendapat hadiah penalti karena VAR menyatakan Lewandowski dilanggar Hector Moreno. Namun, eksekusi Lewandowski ke arah kanan mampu dibaca dan ditepis Ochoa.

Meksiko mengancam pada menit ke-64, Edson Alvarez melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa diblok Szczesny. Meksiko terus menekan pertahanan Polandia dan memasukkan Raul Jimenez demi mempertajam lini depan. Upaya tersebut belum menemui hasil karena Meksiko tidak klinis di depan kotak penalti.

Polandia lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik di sisa pertandingan. Tidak ada gol yang tercipta hingga laga berakhir.

Susunan pemain:

Meksiko (4-3-3): Guillermo Ochoa; Jorge Sanchez, Hector Moreno, Cesar Montes, Jesus Gallardo; Luis Chavez, Edson Alvarez, Hector Herrera (Carlos Rodríguez 71′); Alexis Vega (Uriel Antuna 84′), Henry Martin (Raul Jiménez 71′), Hirving Lozano.

Polandia (4-1-4-1): Wojciech Szczesny; Jakub Kiwior, Kamil Glik, Bartosz Bereszynski; Matty Cash, Sebastian Szymanski (Przemyslaw Frankowski 72′), Grzegorz Krychowiak, Jakub Kaminski, Nicola Zalewski (Krystian Bielik 45′); Robert Lewandowski, Piotr Zielinski. (ant)