Tak Berkategori  

Pilih Meja Kantor yang Tepat untuk Kerja Agar Lebih Semangat

MEMILIH meja kerja yang melalui beberapa pertimbangan cermat bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Anda bisa memilih jenis meja yang dapat membuat nyaman dan betah berlama-lama menghadapi berbagai tugas kerja. Jadi, jangan sembarangan pilih perabotan untuk kantor, dengan meneliti sedikit, Anda dapat meja untuk kerja dan sekaligus sebagai mood booster di tempat kerja.

Tips Cerdas Memilih Meja Kerja Yang Bagus

Ada banyak cara untuk membuat karyawan senang di kantor dan salah satunya adalah pemilihan meja untuk bekerja. Mulai dari ukuran, material, desain sampai warna, beberapa hal tersebut selain memiliki pilihan personal juga bisa disesuaikan dengan orang yang akan menggunakannya. Jadi, pilihlah meja kerja dengan memiliki panduan tertentu.

1. Sesuaikan Dengan Interior Keseluruhan Ruangan

Ada banyak pilihan perabotan yang bisa disesuaikan dengan tema interior yang dipilih. Ini ada hubungannya dengan kontinuitas dengan ruangan kantor secara keseluruhan. Anda bisa memilih gaya minimal, modern, klasik atau retro untuk membuat nuansa yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Menentukan suatu tema juga menjadi panduan untuk memilih perabotan lainnya. Hendaknya meja kerja minimalis sangat tepat dipasangkan dengan kursi dan lemari yang minimalis juga. Dengan demikian, ruangan akan lebih nyaman untuk dilihat.

 

2. Sesuai Fungsi Pekerjaan dan Kebutuhannya

Hal mendasar dari pemilihan meja kerja adalah fungsinya. Apakah meja diperuntukkan untuk satu orang? Meja digunakan untuk dua orang? Atau bahkan digunakan untuk tim bekerja sama dengan duduk berdekatan? Jadi, ukuran sangat menentukan kalau dilihat dari sisi tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah meja akan diletakkan CPU, desktop atau komputer? Tentu luasnya perlu dipertimbangkan. Meja untuk bagian jajaran atas yang kerap mengadakan pertemuan di ruangannya tentu membutuhkan jenis meja yang berbeda.

3. Ukuran dan Material

Walau Anda tidak mengetahui mengenai furnitur dan materialnya, tetap saja ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan bagi orang awam. Pertama adalah dari ukuran meja sendiri. Anda ingin memastikan meja bisa diletakkan dalam ruangan dengan pas. Pastikan ada ruang leluasa untuk bisa jalan dan tidak mengganggu posisi meja. Perhatikan juga arah kemana meja akan diletakkan, biasanya meja dibuat menghadap pintu agar mudah melihat orang yang masuk.

Material bisa menentukan mengenai kesesuaian dengan interior dan juga kualitas. Kantor minimalis tentu bisa banyak memakai bahan kayu atau stainless steelĀ  Meja dari kaca, besi, atau kombinasi dari beberapa material, selain sedap dipandang, pastikan merupakan bahan yang kuat sehingga bisa dipakai untuk waktu yang lama. Pastikan untuk memiliki meja yang awet dan bahkan bisa jadi investasi perusahaan yang bisa dipakai dalam jangka waktu panjang.

4. Kesesuaian Harga dan Anggaran

Hal yang bisa ketika Anda sedang mencari peralatan atau apapun untuk kebutuhan kantor adalah anggaran. Kalau meja yang dibeli lebih kecil dari anggaran tentu tidak masalah, tapi bagaimana kalau lebih besar? Hindari kelebihan dari anggaran ketika berbelanja untuk kebutuhan kantor.

Pastikan Anda sudah mengetahui kebiasaan perusahaan kalau mengenai furnitur dan kebiasaan inventaris lainnya. Apakah Anda harus beli dulu dan nanti diganti, atau perlu mengajukan anggaran, jadi ketahui dahulu mengenai kebijakan budgeting dan mulai dari sana.

5. Merk Perabotan Kantor

Meja kerja dan furniture lainnya yang diperuntukkan untuk kantor umumnya memiliki produsen yang spesifik dan jarak. Pertimbangkan mengenai merek dan klaim yang mereka sebutkan sebelum membeli. Ada brand tertentu yang dikenal untuk desain furnitur yang minimalis dan pilihan warna-warna cerah. Ada juga merk populer dengan desainnya yang klasik.

Pastikan kalau pemilihan merek tertentu sudah disetujui oleh bagian yang bertanggung jawab. Jadi, setelah dibeli dan dikirim tidak ada masalah yang justru merepotkan dan bahkan bisa menyebabkan keluar lebih banyak uang untuk memperbaikinya.

6. Tinggi dan Postur Tubuh

Kalau Anda mencari meja kerja untuk di rumah atau usaha sendiri, tentu pemilihan meja bisa dipilih dengan pertimbangan personal. Salah satunya adalah tinggi badan, seseorang yang pendek atau tinggi tentu perlu memperhatikan dimensi meja agar bisa duduk dengan nyaman. Kalau terlalu tinggi atau rendah tentu tubuh akan jadi tidak bisa duduk dengan santai.

Jadi, kalau Anda memiliki bentuk tubuh yang tidak umum, bisa terlalu tinggi atau terlalu pendek, pilihkan meja untuk kerja yang bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda tersebut. Kalau ingin lebih multifungsi, kini sudah banyak jenis meja yang bisa dinaik-turunkan sehingga bisa disesuaikan dengan siapapun yang memakainya.

7. Toko Mebel Terpercaya

Umumnya membeli furniture untuk kantor bisa ke toko mebel yang spesial dalam menyediakan keperluan kantor. Selai Anda memiliki pilihan yang lebih banyak, datang ke toko bisa sekaligus melihat langsung furnitur yang ingin dibeli.

Tapi kalau Anda ingin praktis, kini perabotan kantor juga bisa dibeli secara online. Bisa jadi toko mebel sekarang juga membuat situs dan melayani pembelian online. Tentu Anda yang sibuk bisa sangat diuntungkan kalau beli meja dan keperluan lainnya secara online. Anda juga bisa melihat marketplace yang memiliki kategori furnitur kantor di dalamnya. Setidaknya Anda jadi ada ide apakah model yang sedang trending dan produsen mana yang handal.

Setelah membaca tips membeli meja kerja di atas, Anda tentu memiliki gambaran apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa mengisi kantor dengan perabotan penunjang. Perhatikan kenyamanan sebagai elemen paling pentingnya, kriteria lainnya menyesuaikan dengan preferensi kantor yang bersangkutan.

Kini saatnya Anda untuk memilih meja kantor yang paling tepat untuk bisa meningkatkan produktivitas kerja. Perhatikan juga pilihan kursi dan perangkat lainnya. Sekarang tiba waktunya untuk Anda memilih furnitur tepat untuk urusan kerja, mulai dari meja, kursi, bantal dan lain sebagainya. Anda bisa browsing melalui aplikasi Blibli. Ada banyak kategori item yang diturunkannya. Anda dapat membaca spesifikasinya dan juga cara pengirimannya. Pilih meja yang tepat untuk menunjang aktivitas kerja sehari-hari. (***)