oleh

PKM Unidha Bantu Kelola BUMNag di Malay V Suku Timur

Tim PKM Unidha saat melakukan pengabdian di Malay V Suku Timur. (*)

PADANG – Badan usaha milik nagari (BUMNag) adalah sebuah badan usaha yang dimiliki nagari, demikian juga dengan  Kenagarian Malay V Suku Timur  sebuah kenagarian baru hasil dari pemekaran wilayah Malay V Suku di Padang Pariaman.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Dharma Andalas (Unidha), Yusnaena mengatakan, sbagai sebuah kenagarian, Malay V Suku Timur memiliki BUMNag. Badan usaha ini antara lain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nagari, pendapatan asli, pengelolaan potensi sesuai dengan kebutuhan masyarakat menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nagari pendirian.

“Pengelolaan badan usaha milik desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksif desa yang dilakukan secara koorperatif, partisifatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan sustaniabel. Tapi ini belum terlihat di Malay V Suku Timur ini,” katanya bersama anggota tim Haryeni, Dedi Julianto dan Erdasti Husni.

Badan usaha ini belum produktif. Untuk itu bagaimana menjadikan Bumnag dikenagarian ini menjadi badan usaha yang produktif maka tim dosen FEB melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan topik mengelola BUMNag melalui trik kewirausahaan.

“Diharapkan dengan selesainya kegiatan ini maka BUMNag pada kenagarian ini tumbuh dan berkembang dengan melahirkan bidang usaha yang sejalan dengan kondisi latar belakang nagarinya, yaitu perkebunan. Maupun usaha di bidang lain yang mampu menumbuhkan kreatifitas masyarakat dalam mengelola usaha milik pribadinya yang akan mensupport kemandirian dari bumnag,” tambahnya.

Dengan berjalannya kegiatan usaha pada bada usaha ini akan memberikan manfaat terhadap masyarakat sekitarnya, apalagi jenis usahanya merupakan kebutuhan dari masyarakat daerahnya dalam membutuhkan peralatan peralatan dalam usaha mereka dibidang perkebunan atau kebutuhan mereka dalam melengkapi kebutuhan sehari-hari.

Sejalan dengan hal tersebut Wali Nagari Malay V Suku Timur ini  Buyung Intan berharap agar kegiatan seperti ini kontiniu dilakukan agar masyarakat dikenagariannya memiliki ilmu pengetahuan di bidang pengelolaan dengan sentuhan ilmu kewirausahaan ini.

Ia berharap melalui kegiatan ini adanya kontrak kerjasama antara kenagarian ini dengan Universitas Dharma Andalas (Unidha). Untuk kegiatan kegiatan selanjutmya dalam membangun nagari. (givo)

Loading...

Berita Terkait