oleh

PKS Tersingkir dalam Pemilihan BK DPRD Sumbar

PADANG – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai parpol pemenang kedua pada Pileg di Sumbar, tersingkir dalam pemilihan anggota Badan Kehormatan DPRD Sumbar. Soalnya, calon diajukan untuk menjadi anggota BK DPRD Sumbar, Gustami Hidayat yang juga Sekretaris DPW PKS Sumbar tak berhasil lolos masuk lima besar dari tujuh calon yang diajukan tujuh fraksi di DPRD Sumbar. Sedangkan anggota BK yang dipilih hanya lima orang.

Dalam pemilihan anggota BK tersebut, masing-masing anggota DPRD Sumbar hanya memilih lima dari tujuh calon yang diajukan. Lima calon yang mendapatkan suara terbanyak, otomatis menjadi anggota BK dan dua di antaranya, tidak terpilih.

Tujuh calon anggota BK yang diajukan oleh tujuh fraksi di DPRD Sumbar, selain Gustami Hidayat (PKS), adalah Syafrudin (Gerindra), Irzal Ilyas (Demokrat), Dodi Delvi (PAN), Hendra Irwan Rahim (Golkar), Daswippetra (PPP-NasDem) dan Firdaus (PDIP-PKB).

Dalam pemilihan anggota BK yang diikuti oleh 48 anggota DPRD Sumbar yang hadir dari total 65 anggota dan setelah penghitungan, lima suara dinyatakan tidak sah atau batal.

Wakil ketua pansel pemilihan anggota BK DPRD Sumbar Nurnas (Demokrat) membacakan tatacara pemilihan dan pelaksanaan pemilihan anggota BK DPRD Sumbar itu dipimpin oleh Ketua pansel pemilihan anggota BK, Afrizal.

Hasilnya, Irzal Ilyas mendapat 41 suara, Dodi Delvi (41), Hendra Irwan Rahim (41), Daswippetra (8), Firdaus (31), Syafruddin (39) dan Gustami (14). Dengan demikian Gustami dari PKS dan Daswippetra dari PPP- NasDem tersingkir. (pen)

Loading...

Berita Terkait