oleh

Pola Hidup Saat Muda Kunci Hidup Sehat di Masa Tua

PADANG – Menjaga kesehatan sejak muda adalah kunci mendapatkan kualitas hidup pada usia lanjut. Sehat dipandang secara fisik, rohani, sosial, dan finansial.

“Pola hidup sehat yang diterapkan secara konsisten meliputi makan bergizi yang seimbang, aktivitas fisik dan olahraga yang teratur, serta selalu berfikir positif dan meningkatkan ibadah,” kata Ketua Badan Penyantun Yarsi Perwakilan Padang, Asmarwati Muchlis dalam ‘Seminar Sehari Tetap Sehat, Bugar, Bahagia, dan Mandiri di Hari Tua” di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Jati, Padang, Sabtu (19/10).

Seminar sehari itu merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun Yarsi ke-50. “Melalui kegiatan ini, kita berharap kepada peserta supaya mereka bisa menjalani hidup sehat di usia tua,” lanjut Asmarwati Muchlis

Hadir dalam kegiatan itu ratusan peserta, meliputi majelis taklim di Padang, pensiunan dari Iyarsi Bukittinggi dan lainnya . Sebagai Pemateri yakni Yuliani Syafrita dan Rose Dinda Martini.

Kedua pemateri memaparkan serta menjelaskan kiat-kiat hidup sehat di usia lanjut.
Awalnya mereka menjelaskan permasalahan yang sering diderita oleh lansia. Contohnya yang dipaparkan pemateri dari RSUP M. Djamil, Rose Dinda Martin. “Masalah pada usia lanjut yakni penurunan fungsi organ tubuh, masalah kesehatan fisik, masalah daya ingat, masalah nutrisi, masalah kemandirian dalam beraktifitas,” kata Rose.

Mereka pun memberikan paparan cara hidup sehat, agar tetap bugar di usia tua. “Rajin berolahraga, contohnya berenang,” ujar Rose. (givo)

Loading...

Berita Terkait