Tak Berkategori  

Polda Seldiki Dugaan Pungutan di Pasar Raya Padang

Pasar Raya Padang (givo)
Pasar Raya Padang (givo)

PADANG – Adanya dugaan pungutan berkedok renovasi kios di sejumlah Blok I, II dan III, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumbar akan melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan itu meliputi terhadap pengelola, pihak ketiga hingga Dinas Perdagangan Padang untuk dimintai keterangan.‎ Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Padang menyatakan memberikan gratis kepada seluruh pedagang yang menempati Blok I, II dan III.

Selain itu, Pemko Padang memberikan tempat ataupun kios di seluruh blok tersebut, setelah relokasi ataupun perbaikan pasar raya luluhlantak karena gempa 2009.

Direktur Reskrimsus Polda Sumbar, Kombes Pol Margiyanta, kepada wartawan, Selasa (31/7), mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk menyelidiki persoalan dugaan pungutan tersebut untuk memastikan ada atau tidaknya indikasi tindak pidana. Saat ini, masih dalam tahap memintai keterangan dari saksi-saksi.

“Pedagang akan kita mintai keterangan guna memastikan ada atau tidaknya mereka menyerahkan uang saat menempati kiosnya. Kalau ada pemungutan uang terhadap pedagang, bisa terindikasi terjadinya KKN dan korupsi, karena pasar dikelola oleh Dinas Perdagangan,” kata Kombes Pol Margiyanta.

Ia menambahkan informasi yang didapatkan, gedung pasar Blok I, II, dan III sengaja dibangun untuk pedagang yang direlokasi pasca gempa menggunakan uang negara. Gubernur dan Walikota Padang pada saat peresmian sudah memberikan pernyataan pedagang yang akan menempati kios di gedung baru itu tidak dipungut biaya.

“Artinya tidak boleh dipungut biaya, kalau dipungut biaya tujuannya buat apa? Sebelumnya, ada atau tidak aturan yang menyebutkan kalau pedagang dipungut biaya? Uangnya untuk apa?” ujar Margiyanta. (deri)