Tak Berkategori  

Polda Sumbar Dukung Pembangunan Jalan Tol Padang – Pekanbaru

Mapolda Sumbar (dok)

PADANG – Polda Sumbar siap mendukung sepenuhnya proses pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru. Hal ini dikatakan Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto saat memimpin rapat koordinasi percepatan pembangunan jalan tol di Mapolda Sumbar, Kamis (17/6).

“Polda Sumbar dan Kejati Sumbar akan selalu mendukung proses pembangunan jalan tol. Apabila ada kendala, kami siap menerima ruang konsultasi bagi seluruh pihak,” kata Edi Mardianto.

Edi Mardianto mengatakan, pembangunan jalan Tol Padang – Pekanbaru ini harus memiliki timelinde yang jelas dan dapat diukur keberhasilannya. Dimana harus ada semangat dan keinginan baik dari setiap pemangku kepentingan untuk mensukseskan pelaksanaan pembangunan jalan tol dan jauhkan dari kepentingan pribadi.

“Jangan selalu mengkambinghitamkan masyarakat sebagai faktor penghambat dalam pelaksanaan pembangunan jalan tol. Harus ada juga intropeksi ke dalam,” ujar Edi Mardianto.

Dikatakan, terkait masih adanya praktek pungli dan premanisme, Polda Sumbar dan jajaran siap menindak tegas.

“Apabila ditemukan adanya oknum yang masih mencoba-coba mengambil kesempatan pembangunan proyek strategi nasional (PSN) akan diproses baik pidana maupun kode etik,” katanya.

‎Sementara itu, Pimpinan Proyek PT. Hutama Karya Infrastruktur Tol Padang-Pekanbaru, Marthen Robert Singal, mengatakan, pihaknya bersyukur adanya perhatian yang sangat tinggi dari pihak polda, pemprov, kejati dan pihak stakeholder lainnya, dalam rangka untuk pelaksanaan jalan tol Sicincin- Padang.

“Kami sangat berterima kasih. Targetnya untuk pembangunan tol ini tidak banyak, apabila lahannya bisa cepat bebas,” katanya.

Dikatakan, seksi II saat ini masih tahapan persiapan perencanaan. Seksi I Pekanbaru-Bangkinan, Seksi II Bangkinang-Pangkalan, Seksi III Pangkalan-Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh-Bukittingi, Seksi V Bukittinggi-Sicincin, Seksi VI Sicincin-Padang.

“Dalam proses ini ada sekitar 12 Km lahan, yang sudah di beton empat kilometer. Saat ini konstruksi 40,6 persen, tetapi terdiri dari 16 pengadaan,” tutupnya.

Dalam rakor tersebut, turut hadir Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, Kajati Sumbar Anwarudin Suliatiyono, Pejabat Utama Polda Sumbar, Kasrem 032 Wirabraja dan instansi terkait lainnya. (deri)