Tak Berkategori  

Polri Klaim Demo di Papua dan Papua Barat Telah Berakhir

JAKARTA – Polri menyatakan seluruh demontrasi di wilayah Papua dan Papua Barat saat ini telah berakhir dengan aman dan tenang. Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sampai saat ini sudah berangsur normal.

“Sorong Kota di Kantor Walikota, massa kurang lebih 2.000 orang, telah selesai dengan aman dan kondusif,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (21/8).

Sementara itu di wilayah Papua Barat lainnya yakni Fakfak juga telah berakhir dengan damai dan aman. Meski begitu, peristiwa tersebut menimbulkan kerugian materi. “Kerugian materi yaitu 1 pasar dan 1 gedung dibakar, 2 mobil dan beberapa rumah pecah kaca,” ujar Dedi dikutip dari okezone.

Sementara di kawasan Maybrat, massa yang sempat menggelar unjuk rasa juga telah usai dengan aman dan kondusif. Lalu di wilayah Papua, unjuk rasa sempat terjadi di dua titik, yaitu Timika dan Biak. Unjuk rasa di Timika mengakibatkan kerusakan di beberapa tempat.

“Korban nihil, kerugian materi yaitu 1 ruko dibakar, Pos Kantor DPRD, 2 mobil patroli, 1 bus, dan 1 truk pecah kaca, serta beberapa motor rusak. Biak di Kantor Bupati, Pukul 11.00-15.25 WIT, massa 75 orang, saat ini 20 orang sedang dialog dengan Bupati. Situasi aman dan kondusif,” tutur Dedi. (aci)