Tak Berkategori  

Polsek Tanjung Raya Tindak 30 Pelanggar Prokes

Polsek Tanjung Raya melakukan operasi yustisi yang digelar rutin di kawasan Simpang Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sabtu (12/6).--mursyidi
LUBUK BASUNG – Polsek Tanjung Raya menindak sebanyak 30 pelanggar protokol kesehatan (Prokes) saat operasi yustisi yang digelar rutin di kawasan Simpang Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sabtu (12/6).
Pelanggar Prokes tersebut ditindak akibat tidak memakai masker saat beraktivitas. Mereka didominasi adalah pengendera yang melintas di jalan raya Lubuk Basung- Bukittinggi.
Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto didampingi Wakilnya IPTU Akhiruddin, mengatakan, pihaknya menggelar razia operasi yustisi secara rutin dalam rangka penegakan aturan dan mendisiplinkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi penularan Covid-19.
“Seluruh pengendara atau masyarakat yang melintas di jalan raya dari arah Lubuk Basung menuju Bukittinggi maupun sebaliknya kita hentikan,”katanya.
Kemudian petugas melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker.
Bagi pengendara yang ditemukan melanggar Prokes, mereka langsung diberi teguran oleh petugas, kemudian diminta untuk membeli masker di warung sekitar. Selain itu, mereka juga difoto dan datanya dimasukkan ke aplikasi Sipelada.
“Sebanyak 30 orang pelanggar Prokes yang kita temukan dalam operasi yustisi,”katanya.
Sanksi pelanggar berupa teguran lisan dan datanya dimasukkan ke aplikasi Sipelada bahwasanya mereka sudah melanggar protokol kesehatan.
Kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker saat ini terbilang sudah meningkat, bahkan berada di angka 90 persen.
Meski demikian, pihaknya tidak akan pernah bosan mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan aturan Prokes.
Diharapkan seluruh masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.
Di samping itu pihaknya akan terus melaksanakan operasi yustisi di tempat keramaian guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.(mursyidi)