Tak Berkategori  

Popnas Jawa Barat, Sumbar Sementara Posisi ke-4

Atlet judo Sumbar, Harizona Septia Pratama sabet medali emas di kelas 50 kg Popnas XIII Jabar (dede)
Atlet judo Sumbar, Harizona Septia Pratama sabet medali emas di kelas 50 kg Popnas XIII Jabar (dede)

PADANG – Cabang atletik benar-benar berkontribusi besar kepada Kontingen Sumatera Barat di arena Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII di Lintasan Atletik Padjajaran.

Hingga hari keempat, Minggu (13/9) pementasan multi cabor itu para duta-duta atlet cabor ibunya olahraga itu telah menyumbang lima emas.

Setelah Irwan Suadi mengukir emas pertama pada Jumat (11/9) lalu, maka pada Sabtu (12/9) dan Minggu (13/9) sabetan medali bergengsi kembali ditorehkan. Adalah Rafika Putra yang sebelumnya gagal mendulang emas dan hanya puas medali perak di nomor lempar martil akhirnya mampu menebus pada nomor lempar cakram, Sabtu (12/9).

Pelajar SMAN 5 Padang itu meraih lemparan terjauh 42,87 meter memastikan emas. Perak direbut atlet DKI Jakarta, Rizqian Michael dengan jauh lemparan 41,32 meter, medali perunggu dibawa Yohan Septeo Oray asal Jawa Timur dengan lemparan 40,15 meter.

Kemudian Wahyudi Putra kembali tidak mau kalah pula sumbang emas. Tampil di nomor andalannya lari 1.500 meter pelajar SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh itu finish pertama dengan waktu 4 menit 09,59 detik.

Sementara pada bagian putri nomor yang sama atlet Yulianti Utari harus puas perak dengan waktu 4 menit 54,69 detik. Emas disabet atlet NTT Delvita Lodia Bakun dengan waktu 4 menit 43,59 detik dan perunggu diraih Sumbar, Radavi Al Rahmena dengan waktu 4 menit 57,73 detik.

Di nomor 400 meter gawang, Afri Zoni sabet emas yang diperlombakan pada Sabtu (12/9). Kemudian kemarin, M. Yunus di nomor lari 5000 meter menambah perak Sumbar. Perlombaan sore harinya, atlet Sumbar mewakilkan lima nomor yakni 100 meter putra-putri, 800 meter putra-putri dan tolak peluru yang mengandalkan Rafika Putra.

Rafika akhirnya mampu sabet emas kelima atletik. Jauh tolakan Rafika 14,78 meter, perak diraih Irwansyah asal Sumsel jauh tolakn 14,09 meter dan perunggu Yohan Septeo Oray asal Jatim jauh tolakan 13,69 meter. Final 800 meter putra Wahyudi hanya mampu sabet perunggu dengan waktu 2 menit 68 second.

Emas di nomor ini diraih Wempi Pelamonia asal Maluku dengan waktu 1 menit 59,68 detik, perak Dimas Rastra Dwitama asal Sumut dengan waktu 2 menit 53 second. Bagian putri atlet Sumbar, Sarah Kaderina hanya finish keempat.

Bakti Ladia juga sumbang perunggu di nomor bergengsi 100 meter putra sedangkan bagian putri yang menurunkan Ninda vanesia finish keempat. Dengan tambahan satu emas, satu perak dan dua perunggu di atas maka cabor atletik, Sumbar menempati posisi pertama dengan torehan 5 emas, 5 perak dan 4 perunggu. Posisi kedua Jatim dengan 4 emas, 6 perak dan 4 perunggu. DKI Jakarta di posisi ketiga dengan 3 emas, 3 perak dan 4 perunggu.(dede)