Populasi Harimau Sumatera Diperkirakan Tinggal 400 Ekor

×

Populasi Harimau Sumatera Diperkirakan Tinggal 400 Ekor

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Harimau Sumatera (okezone)
Harimau Sumatera (okezone)
Harimau Sumatera (okezone)

PEKANBARU – World Wide Fund (WWF) for Nature menyebutkan populasi harimau Sumatera diperkirakan kurang dari 400 ekor, baik liar maupun pada kebun binatang yang tersebar di seluruh Pulau Sumatera.

“Diperkirakan harimau Sumatera yang tersebar di seluruh Pulau Sumatera ada sekitar 300-400 ekor. Jumlah harimau di dunia menurun selama beberapa puluh tahun belakangan karena perburuan dan kehilangan habitat,” kata Humas WWF Riau, Syamsidar.

Dia mengatakan, nasib harimau Sumatera kini berada di ujung tanduk dan spesies yang terancam punah. Meskipun katanya ada kelahiran tetapi ada juga kematian karena konflik dengan manusia dan sebagainya. Di Provinsi Riau, berdasarkan data tahun 2007 populasinya diperkirakan hanya tersisa 192 ekor.

“Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjaga dan melindungi satwa liar maupun yang dilindungi. Kita juga minta dukungan untuk penegakan hukum kepada pelaku penangkap, pemburuan dan perdagangan satwa liar. Kalau kita mendukung adanya penegakan hukum, akan mengurangi kepunahan pada hewan khususnya harimau Sumatera,” katanya.