Tak Berkategori  

Positif Covid-19 di Payakumbuh Masih Terus Bertambah

Covid-19 test.(ist)

PAYAKUMBUH – Kasus positif Covid-19 di Kota Payakumbuh masih terus bertambah. Dari tracing yang terus dilakukan kepada riwat kontak masyarakat yang dinyatakan positif beberapa hari yang lalu, kembali ditemukan tambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 19 orang.

Dengan penambahan kasus ini, kasus aktif Covid-19 di Payakumbuh juga mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Minggu (22/8), mengatakan, dari penambahan konformasi positif Covid-19 Payakumbuh sampai saat ini, data yang ada telah berubah. “Walaupun terjadi penambahan konfirmasi positif, tapi kasus aktif kita terus menurun dimana kemarin 220 kasus sekarang turun menjadi 209 kasus. Hal itu disebebkan banyak juga pasien Covid-19 yang telah dinyatakan bebas isolasi,” ujarnya.

Menurutnya, meski ada penambahan kasus positif sebanyak 19 orang namun yang dinyatakan bebas isolasi ada sebanyak 27 orang. Sehingga kasus aktif saat ini juga berkurang dari hari kemarin. “Kita bersyukur karena angka positif lebih sedikit dari yang bebas isolasi. Sehingga sampai hari ini, data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 181 orang isolasi mandiri dirumah dan 28 orang dirawat di rumah sakit,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, kasus Covid-19 di Payakumbuh kembali menunjukkan tren yang positif. Dimana beberapa hari lalu kasus aktif melebihi angka 350 kasus. Namun dengan tracing cepat yang dilakukan petugas di lapangan, penularan bisa diminimalisir. “Mudah-mudahan kasus aktif kita terus turun dan harapan kita untuk kembali kezona nyaman itu segera terwujud. Sehingga segala kegiatan kita menuju pemulihan ekonomi bisa kembali normal juga,” katanya.

Selain itu, dokter Bek juga tidak pernah bosan mengimbau dan mengingatkan masyarakat, agar tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas, dan yang utama sekali adalah melaksanakan vaksinasi. “Meski pandemi ini belum berakhir, namun kita optimis untuk mampu menekannya. Untuk mencapainya, tak bosan kita imbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 5M dan secepanya melaksanakan vaksinasi tahap dua bagi yang telah divaksin dosis satu, karena saat ini ketersediaan vaksin kita terbatas,” ucapnya lagi.

Sementara untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kasus baru sebanyak 19 orang, total kasus konfirmasi sebanyak 2.466 orang, sembuh sebanyak 2.196 orang, isolasi sebanyak 181 orang, rawat sebanyak 28 orang, meninggal dunia sebanyak 50 orang, KE sebanyak 39 orang dengan total swab sebanyak 21.590 sampel. (bule)