Tak Berkategori  

Privasi dan Keamanan di Dunia Digita

Literasi Digital 2021.(ist)

AGAM – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera.

Kali ini webinar dengan tema besar Privasi dan Keamanan di Dunia Digital kembali hadir di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Kamis 2 Desember 2021 yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Salah satu menjaga privasi dan keamanan dunia digital adalah menjaga tata krama dalam digital dengan cara menggunakan bahasa yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang baik dan benar di dunia digital,itu merupakan bagian dari tata krama dalam dunia digital.

Bahasa yang benar itu menggunakan kaidah bahasa normatif, penghafalan bahasa yang baku baik lisan maupun tulisan. Beberapa tips menggunakan bahasa yang baik dan benar adalah hindari penggunaan huruh besar yang mengisaratkan emosi atau sedang berteriak, perhatikan hal yang dianggap sepele seperti penggunaan huruf kapital dan penggunaan titik koma, dan hindari terjadinya penggunaan bahasa indoenglis, menurut Gio Fanesta, S.Pt sebagai Ketua Solok Milenial Creatif.

Dafiq Naskar sebagai Founder @NiatBaik.ID menuturkan media sosial adalah salah satu produk teknologi yang selalu kita gunakan di setiap harinya untuk saat ini. Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya adalah sebagian contoh dari banyaknya aplikasi media sosial yang dikenal masyarakat umum.

Sischa Febriani Yamesa Away, M.App.Sc sebagai Dosen Universitas Pasir Pengaraian menuturkan manfaat internet untuk anak antara lain, edukasi, hiburan, interaksi atau komunikasi, dan kreasi. Jangan umbar semua informasi atau data di media online. Menjaga, mengawasi, dan menemani anak di dunia maya sama pentingnya dengan perhatian kita di dunia maya.

Key Opinion Leader oleh Rio Hijau Daun sebagai Prefessional Drummer menambahkan jangan pernah mengunggah sesuatu yang mengarah ke hal pribadi ke media sosial. Tujuannya adalah agar terhindar dari penyalahgunaan data dan juga sekaligus menjaga keamanan digital kita.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)