Tak Berkategori  

Prodi D3 Teknik Pertambangan UNP di Sawahlunto Menerima Mahasiswa

Prof. Ganefri (ist)

SAWAHLUNTO – Program Studi Diploma III (D3) Teknik Otomotif dan Teknik Pertambangan Universitas Negeri Padang (UNP) yang berkampus di Sawahlunto mulai menerima mahasiswa di tahun 2021 ini.

“Harapan masyarakat kita di kota ini yang sejak lama ingin ada perguruan tinggi negeri, akhirnya tercapai,” kata Walikota Sawahlunto, Deri Asta kepada Singgalang, Kamis (22/4).

Dikatakannya, Menteri Pendidikan Kebudayaan dalam surat keputusan Nomor 036/D/OT/2021 tertanggal 16 Maret 2021 memberi izin kepada UNP membuka Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) di Sawahlunto.

Lebih jauh dikatakan walikota, menjelang gedung kampus berdiri, Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Sapan sebagai kampus sementara. Hal ini dengan dimulai menerima mahasiswa di tahun akademik 2021/2022.

Pemko Sawahlunto, sebut Walikota Deri, akan menghibahkan lahan seluas 5,1 hektar kepada UNP untuk mendirikan kampus agar ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di kota ini.

“Program Studi Teknik Pertambangan dan Otomotif sangat tepat berdiri di Sawahlunto yang mempunyai ikatan emosional dengan kota ini,” ujar Deri.

Sementara itu, Rektor UNP Prof. Ganefri saat bertemu dengan Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti di Rektorat UNP mengemukakan, nantinya, walaupun kampus cabang suasana tidak boleh beda fasilitas dengan kampus utama.

“Di 2022, UNP akan membangun labor dan workshop sebagai fasilitas sarana perkuliahan. Diploma 3, lebih banyak praktek dibanding teori. Sekitar 65 persen mahasiswa lebih banyak praktek,” tutur Ganefri. (cong)