Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga dDepartemen Kepelatihan FIK UNP Jadi Pilot Project Nagari Berprestasi

Panitia dan para dosen serta utusan dari Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Padang, Limapuluh Kota foto bersama usai pembekalan. (dede amri)

PADANG – Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Departemen Kepelatihan FIK UNP melakukan terobosan bernas. Apa itu? Untuk pertama kalinya, para mahasiswa bakal melakukan magang di Nagari Berprestasi.

Untuk yang perdana ini, lebih kurang 50 mahasiswa akan dikirim ke Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Padang, Limapuluh Kota, selama dua bulan, dari 12 September sampai 12 November mendatang.

Program Mahasiswa Magang Nagari Prestasi itu dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Hibah Liga 1 Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) 2022.

Sebelum dimulai magang itu maka pada Sabtu (3/9) dilakukan pembekalan di kampus FIK UNP, Air Tawar, kota Padang.

Pembekalan dibuka secara resmi oleh Ketua Departemen Kepelatihan Olahraga FIK UNP, Dr. Donie, M.Pd mewakili Dekan FIK Prof. Alnedral, M.Pd. Hadir juga Waketum II KONI Dr. Ronni Yenes, M. Pd, Sekretaris Departemen Kepelatihan Olahraga, Dr. Roma Irawan, M. Pd serta Guru Besar, Prof Tjung Haw Sin, M. Pd, Kons dan staf dosen dari Departemen Kepelatihan Olahraga.

Tidak ketinggalan pula hadir
Walinagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Padang, Limapuluh Kota,
Nofrizal bersama pendamping lainnya seperti Sekretaris Walinagari Herry Wanda, A.Md.Kom, Kepala Urusan Perencanaan Roni Putra, S.Sn dan
Ketua Badan Permusyawaratan Nagari (Bamus) Eka Ridhaldi Alka, S.Si
serta tokoh masyarakat Pino Yuanda, S.Pd.i

Ketua Panpel, Dr. Alex Aldha Yudi, M. Pd dalam laporannya menerangkan magang mahasiswa ini untuk pertama kalinya dan diikuti 50 mahasiswa.
Alex berharap berharap endingnya nanti akan ada Pekan Olahraga Nagari (Pornak) di Nagari Berprestasi ini.

Walinagari Nofrizal, S.Pd mengapresiasi naagrinya dipilih untuk lokasi magang. “Kami (warga) butuh ilmu spesifikasinya olahraga. Kami mengapresiasi Departemen Kepelatihan Olahraga FIK UNP ini dan juga berharap bisa berkelanjutan program ini.

Panitia lainnya Romi Mardela, M.Pd dalam keterangannya menyebutkan Program Kompetisi Kampus Mardeka itu ada tiga aktivitas yang akan dilakukan para mahasiswa. Aktifitas pertama, Peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa sebagai pelatih di era digital, lalu harmonisasi kurikulum PKO berbasis aktifitas MBKM dan Program akitiasi Go Internasional.

Dr. Donie, M.Pd dalam sambutan pembukaannya juga berharap pada kegiatan pertama ini bisa menjadi pilot project. “Bila berhasil akan kita lanjutkan. Progam ini sebetulnya lebih mirip dengan KKN tapi ini akan lebih spesifikasi lagi,” ujarnya.

Dr. Donie menambahkan berolahraga di desa perlu diedukasi. “Tujuan dari magang mahasiswa kita ini akhirnya berkompetisi dan bisa mencapai tiga target yakni memotivasi, edukasi dan tingkatkan prestasi. Para mahasiswa diingatkan untuk terlibat aktif gelorakan olahraga dan yang lebih terpenting itu dituntut bisa beradaptasi dan berempati dengan masyarakat.

Pada akhirnya, Dr. Donie juga nantinya akan bisa melakukan kolaborasi dengan KONI Sumbar.

Direncanakan saat pembukaan Magang Mahasiswa di Nagari Berprestasi nanti itu juga akan mengundang Gubernur Sumbar dan unsur Forkimprov Sumbar lainnya. (D2)