Profil Pelaku Pembocoran 297 Juta Data BPJS Kesehatan Telah Dikantongi Bareskrim

×

Profil Pelaku Pembocoran 297 Juta Data BPJS Kesehatan Telah Dikantongi Bareskrim

Sebarkan artikel ini
BPJS Kesehatan (ist)

JAKARTA – Bareskrim Polri menyatakan telah menemukan profil dari pelaku yang diduga membocorkan data 279 juta warga negara Indonesia (WNI) di BPJS Kesehatan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan, diduga pelaku yang berperan sebagai pembocor data tersebut di situs Raid Forum.

“Untuk sementara, penyidik telah menemukan profil milik pelaku yang ada di dalam Raid Forum itu. Profilnya penyidik sudah membaca itu, tinggal didalami oleh penyidik,” kata Rusdi dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga:  Nabi Palsu, Jual Tiket ke Surga Rp2 Juta

Dengan ditemukannya profil terduga pelaku tersebut, Rusdi menyatakan tak menutup kemungkinan pihaknya akan mengembangkan penyidikan perkara dugaan kebocoran data WNI tersebut.

“Ke depan ada perkembangannya. Tentunya sudah mengarah profil ke pelaku,” ujar Rusdi.
Menurut Rusdi, ditemukannya profil terduga pelaku tersebut setelah penyidik melakukan penelusuran melalui mata uang kripto atau Cryptocurrency.

“Lalu juga telah memeriksa secara online Cryptocurrency yang diduga itu milik pelaku. Untuk sementara, penyidik telah menemukan profil milik pelaku yang ada di dalam Raid Forum itu. Profilnya penyidik sudah membaca itu, tinggal di dalami oleh penyidik,” ucap Rusdi.