Tak Berkategori  

Program Pemerintah Turunkan Tingkat Kesenjangan

Sofyan Djalil. (antaranews)

JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengklaim program-program yang digulirkan pemerintah khususnya untuk masyarakat kelas bawah, berkontribusi dalam menurunkan tingkat kesenjangan di Tanah Air.

“Alhamdulillah, sebenarnya jadi lebih baik (tingkat kesenjangan). Salah satunya karena program pemerintah yang spesifik tentang itu,” kata Kepala Bappenas Sofyan Djalil saat ditemui usai membuka Business Working Group di Jakarta, Selasa (19/4).

Sebelumnya pada Senin 918/4) lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan tingkat kesenjangan penduduk Indonesia yang ditandai dengan rasio gini 0,40 per September 2015 atau menurun 0,01 poin dibandingkan Maret 2015 sebesar 0,41.

Rasio gini merupakan indikator dalam mengukur ketimpangan atau kesenjangan distribusi pendapatan masyarakat dengan skala 0 hingga 1, yang berarti semakin tinggi nilai rasio gini maka makin tinggi ketimpangan yang terjadi di masyarakat

Menurut Sofyan, intervensi pemerintah seperti bantuan langsung tunai, BPJS Kesehatan, pendidikan, serta pemberian kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga murah, dapat dirasakan oleh kelompok kelas bawah.(*/lek)

Sumber: antara