Propam Periksa Senpi Anggota Polres Pasaman

Ilustrasi. (*)

LUBUK SIKAPING – Propam Polres Pasaman melakukan pemeriksaan senjata api (Senpi) anggota Polres Pasaman. Pemeriksaan Senpi yang dipimpin Kasi Propam Polres Pasaman IPTU Idris bertempat ini, dilakukan di halaman Mapolres Pasaman, Senin (9/7).

Satu persatu senjata personil Polres Pasaman diperiksa baik dari kelayakan serta kebersihan. Tidak hanya itu, masa berlaku surat izin bagi para anggota yang membawa senjata juga diperiksa apakah masih aktif atau sudah mati.

Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin mengatakan, pemeriksaan senjata api baik yang berada di jajaran Polsek maupun Polres rutin digelar dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana inventaris atau senjata api itu dapat dijaga dengan baik.

Pemeriksaan juga ditujukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api serta amunisinya oleh anggota Polri khususnya anggota Polres Pasaman.

Oleh sebab itu, personel yang dapat memegang senjata api hanyalah yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. “Hal itu guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota,” tambah Kapolres.

Hasilnya, dari hasil pemeriksaan ada beberapa senpi anggota yang untuk sementara digudangkan karena ada beberapa kelengkapan yang tidak memenuhi syarat seperti surat izin yang sudah tidak berlaku dan kondisinya yang kurang bersih juga turut disita. (can)