oleh

PT Kodel Berencana Bangun Hotel Berbintang di Kota Padang

PADANG – Investasi bidang perhotelan di Kota Padang nampaknya masih menggiurkan bagi investor. Kali ini PT Kodel berencana membangun perhotelan yang dilengkapi convention hall berstandarkan internasional.PT Kodel merupakan perusahaan yang dipimpin mantan Menakertrans Era Presiden SBY, Fahmi Idris dan berkantor di Jakarta. Rencananya, PT Kodel akan membangun hotel di lokasi Gedung Bagindo Aziz Chan atau sebelah timur daripada Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol dengan luas lahan 7.000 meter persegi. Di lokasi itu, PT Kodel akan mendirikan hotel bintang 4 atau bintang 5 dengan jumlah 300 kamar.

Sebagai langkah awal, perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan antara Pemerintah Kota Padang dengan PT Kodel tentang Pemanfaatan aset milik Pemerintah Kota Padang. Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Walikota Padang Mahyeldi dan Direktur Utama PT Kodel Fahmi Idris di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Jumat (1/11).

Dalam kesempatan itu, selain Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Fahmi Idris, hadir juga Sekda Kota Padang Amasrul beserta pimpinan OPD terkait. Mahyeldi dalam sambutannya mengaku bersyukur atas dijalinnya MoU yang berisikan rencana investasi pembangunan sebuah hotel di Padang.

“Kita berharap, setelah penandatanganan MoU ini semua tahapannya akan segera berjalan serta persiapan dan segala sesuatunya sudah mulai didiskusikan. Semoga prosesnya berjalan lebih cepat, karena memang diperkirakan mulai pada 2020 nanti aktivitas-aktivitas masyarakat di Kota Padang terjadi peningkatan. Termasuk event-event besar akan diangsungkan di kota ini di antaranya Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke XVI pada Juni 2020,” sebut Mahyeldi.

Mahyeldi mengulas, peningkatan itu sudah dimulai semenjak 2015 sampai 2018 dengan pendapatan yang dihasilkan dari sektor wisata meningkat 405 persen. Begitu juga angka kunjungan ke Padang juga meningkat 30 persen di 2019 terhitung sampai Oktober ini.

Sementara terkait lokasi hotel yang akan dibangun nantinya dan saat ini terdapat Kantor Dinas Pendidikan Kota Padang, menurut Mahyeldi, Pemko Padang akan mencarikan solusi untuk pemindahannya. Pada 2020, Pemko akan memulai pembangunan beberapa kantor pemerintah termasuk Kantor DPRD Kota Padang di kawasan komplek perkantoran Aie Pacah. Pemindahan Kantor Dinas Pendidikan bisa dijadikan opsi di sana, ujarnya.

Sementara itu, Dirut PT Kodel Fahmi Idris mengatakan, PT Kodel sudah lama melirik dan berniat melakukan investasi di Kota Padang selaku daerah yang berpotensi terhadap peningkatan kunjungan wisata. PT Kodel sendiri sebutnya, menjadi induk perusahaan dari Kodel Grup yang bergerak di berbagai bidang bisnis, seperti perminyakan, industri bahan kimia, properti, perhotelan, perdagangan, dan lainnya. (syawaldi)

Loading...

Berita Terkait