Tak Berkategori  

Puluhan Ribu Surat Suara yang Rusak Dimusnahkan Sehari Jelang Pilkada

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – KPU Sumbar akan memusnahkan seluruh surat suara pemilihan gubernur yang rusak, sehari sebelum pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015.

“Surat suara yang rusak akan dimusnahkan di setiap kabupaten/kota sehari sebelum pemungutan suara atau setelah seluruh kebutuhan pilkada terpenuhi,” kata Komisioner KPU Sumbar, Bidang Keuangan dan Logistik, Fikon.

Pemusnahan surat suara tersebut nantinya akan disaksikan oleh panitia pengawas pemilu kabupaten/kota, polisi dan tim kampanye masing-masing calon.

“Hingga saat ini KPU Sumbar mencatat sekitar 52.000 surat suara pemilihan gubernur setempat rusak dan cacat berdasarkan hasil penyortiran di 19 kabupaten/kota,” kata dia.

Kerusakan surat suara tersebut meliputi robek, terpotong, tertusuk, bercak tinta di dalam foto calon, surat suara kabur, serta tintanya meleleh.

Kekurangan surat suara yang terjadi akibat kerusakan tersebut tidak akan mengganggu tahapan pemilihan gubernur, karena akan segera dilakukan percetakan ulang dan ditargetkan selesai paling lambat dalam minggu akhir November.

KPU Sumbar akan segera meminta percetakan untuk mencetak kembali surat suara pengganti, setelah proses identifikasi selesai dilakukan agar distribusi dari KPU kabupaten dan kota ke masing-masing kecamatan dapat segera dilakukan.(aci)

sumber:antara