Headline

PVMBG Tegaskan Rekomendasikan pada BKSDA Tidak Ada Aktivitas 3 KM dari Kawah Marapi

×

PVMBG Tegaskan Rekomendasikan pada BKSDA Tidak Ada Aktivitas 3 KM dari Kawah Marapi

Sebarkan artikel ini
Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan

PADANG – Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menegaskan tetap melarang aktivitas masyarakat radius 3 kilometer (KM) dari kawah Gunung Marapi.

Tanggapan itu disampaikannya, terkait dengan permintaan rekomendasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar. PVMBG telah mengeluarkan rekomendasi terkait status Waspada (Level II) G. Marapi.

“Kita memang diundang rapat untuk minta rekomendasi. Tapi kita tetap dengan rekomendasi masyarakat/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari kawah,”Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan dihubung Singgalang, Selasa (5/12/2023).

Dipaparkannya, PVMBG memang diundang BKSDA untuk rapat pada tanggal 11 Juli 2023. Bertempat di kantor BKSDA jalan Khatib Sulaiman. Surat undangan tersebut tetanggal 7 Juli 2023.

Undangan BKSDA untuk PVMBG.

“Kita memang diajak rapat, tapi kita tetap dengan rekomendasi, kawah tidak boleh didekati berjarak 3 km. Untuk semuanya, baik masyarakat atau pendaki,”sebutnya.

Bahkan, katanya PVMBG sudah mensosialisasikan pada masyarakat 2 kali dalam satu bulan akan bahaya erupsi Gunung Marapi.