oleh

PWI Peduli dan Foodbank Siap Kerja Sama Salurkan Pangan

JAKARTA — Sebanyak 1,3 miliar ton makanan sisa terbuang setiap tahun di dunia. Sementara, di lain pihak beratus juta orang merasakan kelaparan setiap hari. Miris, memang!

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Peduli pusat dan daerah siap bersinergi dengan Yayasan Lumbung Pangan Indonesia atau Foodbank of Indonesia di bidang sosial. Tujuannya untuk membantu keadilan akses pangan dan mengurangi makanan yang terbuang di Indonesia.

Hal itu diungkapkan M. Nasir, Ketua PWI Peduli saat berbincang tentang kegiatan sosial di bidang pangan bersama Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia Wida Septarina, di Kantor PWI, Gedung Dewan Pers Lantai 4, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (9/9). 

Hadir dalam sharing pengalaman itu, para pengurus PWI Peduli dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Pusat Indah Kirana.

Wida Septarina menuturkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Food and Agriculture Organization (FAO) menyebutkan, makanan yang terbuang mencapai 1,3 miliar ton per tahun. Seperempat dari makanan yang terbuang itu cukup untuk memberi makan 870 juta orang kelaparan di dunia.

Ini fakta mengejutkan terkait limbah sampah yang dihasilkan di seluruh dunia. Di Indonesia, makanan yang terbuang merupakan permasalahan besar. Misalnya, produksi sampah di Provinsi DKI Jakarta.

Data Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, setiap harinya ada 7.500 ton sampah yang diangkut, dan sekitar 54 persen dari sampah itu adalah sampah makanan yang sudah dikonsumsi maupun saat diproduksi. Lebih parah lagi, Indonesia menempati urutan kedua setelah Arab Saudi yang tercatat paling besar membuang makanan di dunia, padahal masih banyak yang kelaparan.

Ke depannya, terkait aksi sosial, Wida Septarina siap berkolaborasi dengan PWI Peduli untuk mendisain program-program kegiatan sosial. (rel)

Loading...

Berita Terkait